UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Dampak Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Desa Wisata terhadap Sosial Budaya, Lingkungan, dan Ekonomi: Kajian Komparatif Antara Desa Wisata Bedulu, Bali dan Pentingsari, Yogyakarta.

I Ketut Putra Suarthana, Drs. I Ketut Putra Suarthana, MM (2015) Dampak Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Desa Wisata terhadap Sosial Budaya, Lingkungan, dan Ekonomi: Kajian Komparatif Antara Desa Wisata Bedulu, Bali dan Pentingsari, Yogyakarta. Doctoral thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
214ed20114f516731f1ce28372f27c74.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Archive (BAB I)
ff6ddea35f974848eb875cb28724105f.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Archive (BAB II)
4aa37d4df25e8b10c791ba6cd13cf769.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DAMPAK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DESA WISATA TERHADAP SOSIAL BUDAYA, LINGKUNGAN, DAN EKONOMI : KAJIAN KOMPARATIF ANTARA DESA WISATA BEDULU, GIANYARDAN PENTINGSARI, YOGYAKARTA Salah satu kecendrungan dalam pengembangan pariwisata dewasa ini adalah pariwisata alam, tidak lagi hanya sebagai sektor ekonomi tetapi suatu fenomena baru sosial budaya dan lingkungan yang menghasilkan pendapatan bagi masyarakat lokal. Hal ini perlu diartikan bahwa fokus kebijakan pariwisata adalah masyarakat bukan wisatawan. Pariwisata bukan hanya penghasil devisa,melainkan juga sebagai penggerak ekonomi pedesaan dan ekonomi masyarakat, selama ini masyarakat perdesaan kurang diberdayakan, justru peranan mereka terpinggirkan dari kegiatan berbasis masyarakat khususnya sosial budaya, lingkungan, dan ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wisata Bedulu, Gianyar, Bali dan Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta dengan tujuan untuk mengkaji prtisipasi masyarakat dan dampaknya terhadap sosial budaya, lingkungan, dan ekonomi, lebih lanjut dikaji secara komperatif, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan di desa wisata ini. Penelitian merupakan pendekatan kualitatif dengan mengadopsi paradigma interperatif. Paradigma ini mengharuskan peneliti mengerti cara berfikir dari aktor yang diteliti. Teknik penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam padafocus group discussion bersama informan, kunci pada kedua desa wisata temuan penelitian adalah bahwa kedua desa wisata memberdayakan partisipasi masyarakat lokal dengan baik, sehingga masyarakat lokal memperoleh makna ekonomi, secara komparatif kedua desa wisata memiliki bentuk pengelolaan yang hampir sama dan berdampak positif bagi masyarakat lokal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat secara praktis dan serta mengevaluasi dampak sosial budaya, lingkungan, dan ekonomi yang dirasakan masyarakat lokal. Dalam mendukung pengelolaan desa wisata perlu dilakukan riset lebih lanjut agar partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengelolaan desa wisata yang memberi makna sosial budaya, lingkungan, dan makna ekonomi, lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Desa wisata, partisipasi, sosial, budaya, lingkungan dan ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item