UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

IMPLEMENTASI PRINSIP KETERBUKAAN OLEH EMITEN DALAM RANGKA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL

Aditya Putra Thama, ADITYA PUTRA THAMA (2015) IMPLEMENTASI PRINSIP KETERBUKAAN OLEH EMITEN DALAM RANGKA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d7cbfb7ff710df6100a9f0bf94d85ee8.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Archive (BAB I)
c45bf0b1b9cf672cb10ce18513cbc532.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Archive (BAB II)
64c876b0cfa5b8555d27b5f71258a637.pdf - Published Version

Download (57kB)

Abstract

Pasar Modal merupakan salah satu sumber pembiayaan bagi dunia usaha sekaligus wahana investasi bagi masyarakat, termasuk pemodal kecil dan menengah. Dalam pasar modal informasi merupakan faktor penting yang wajib diberikan oleh emiten dan diperoleh oleh pemodal, maka dari itu prinsip keterbukaan sangat dijunjung tinggi oleh semua pihak yang terlibat. Pelanggaran terhadap prinsip keterbukaan dapat menyesatkan pemodal dalam mengambil keputusan investasinya di pasar modal yang kemudian dapat menimbulkan kerugian secara finansial sehingga dipandang perlu untuk melakukan penelitian terhadap hal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris adalah metode penelitian yang dilakukan dengan mengkaji suatu permasalahan yang muncul berdasarkan norma-norma hukum yaitu pelanggaran terhadap prinsip keterbukaan lalu mengkaitkannya dengan fakta-fakta nyata yang ada dimasyarakat dengan melakukan penelitian di beberapa tempat terkait dengan pengawasan dan pelaksanaan pasar modal di Denpasar. Pelaksanaan prinsip keterbukaan di pasar modal dilakukan pada tiga tahap, yaitu pada tingkat pasar perdana (penawaran umum), tingkat pasar sekunder, dan pada saat terjadi peristiwa-peristiwa penting. Prinsip keterbukaan merupakan hal yang harus dilaksanakan oleh emiten sebagai wujud memberikan perlindungan hukum terhadap kepentingan pemodal. Emiten selaku pihak yang berkepentingan dalam menghimpun dana dari pemodal melalui pasar modal wajib bertanggung jawab bila terjadi pelanggaran terhadap prinsip keterbukaan dalam kegiatan yang dilakukannya di pasar modal yang dapat merugikan pemodal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Keterbukaan, Emiten, Perlindungan Hukum, Pemodal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item