UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Agresivitas Pada Anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA, Di Bali

Aditya Pratama Oktaveriyanto, Aditya Pratama Oktaveriyanto (2015) Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Agresivitas Pada Anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA, Di Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
3909bb8f0b02fa7da95267d2a2265b86.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Archive (BAB I)
ba08f9bee105640ca1bfdec85de2aa56.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Archive (BAB II)
fb7b2b4532463aa7f3307f9aa2d2d856.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Agresivitas Pada Anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA, Di Bali Aditya Pratama Oktaveriyanto Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana aditya.psikologi.unud11@gmail.com ABSTRAK Perilaku yang mencerminkan agresivitas individu, saat ini sering terjadi di Indonesia. Salah satunya, berbagai peristiwa telah mencerminkan agresivitas dari para anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Peristiwa tersebut, sering membuat masyarakat sekitar, menjadi resah. Seorang anggota TNI AD dalam masa pendidikannya dilatih keras, dan disiplin, serta taat akan perintah, guna dipersiapkan untuk menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal tersebut tidak hanya akan berdampak pada diri anggota TNI AD, tetapi juga terhadap interaksi sosialnya. Seorang anggota TNI AD juga harus siap ditempatkan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh institusinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas adalah kemampuan penyesuaian diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penyesuaian diri dengan agresivitas pada anggota TNI AD, khususnya KODAM IX/UDAYANA di Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah 439 anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA di Bali yang terdiri dari delapan kesatuan yang dibawahi oleh institusi KODAM IX/UDAYANA. Instrumen penelitian ini adalah skala penyesuaian diri dan skala agresivitas yang telah diuji kesahihan dan reliabilitas skalanya yaitu skala penyesuaian diri dengan nilai α = 0.856; skala agresivitas dengan nilai α = 0.913. Hasil analisis menunjukkan nilai P atau Sig. sebesar 0.000 (p< 0.05) yang berarti bahwa, ada hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan agresivitas pada anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA di Bali. Skor koefisien korelasi antara kedua variabel menunjukkan R= -0.562 yang memiliki arti bahwa kekuatan hubungan kedua variabel berada dalam kategori sedang, karena nilai R terletak pada rentang 0.400 – 05999, serta memiliki hubungan yang negatif atau berlawanan arah. R² = 0,31472, yang memiliki arti bahwa variabel penyesuaian diri menyumbangkan 31% terhadap variabel agresivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Agresivitas, Anggota TNI AD KODAM IX/UDAYANA Di Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item