UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Peranan Faktor Karakteristik Individu dan Faktor Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali

Anak Agung Istri Winda Novitasari, Anak Agung Istri Winda Novitasari (2015) Peranan Faktor Karakteristik Individu dan Faktor Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
ea37fb3bc1301ccf831125cdfadd47c5.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Archive (BAB I)
4fe413ec595151450dcea2d9b7e44ab1.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Archive (BAB II)
b608aeb3560d13a58b97cc9126285165.pdf - Published Version

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK A.A Istri Winda Novitasari. 1205315010. Peranan Faktor Karakteristik Individu dan Faktor Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali. Dibimbing oleh: Prof. Dr. Ir. Made Antara, M.S. dan Dr. Ir. I Made Sudarma, M.S. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menyelenggarakan tugas pengelolaan program pertanian, dan berbagai tugas yang berkaitan dengan bidang pertanian dalam melayani kebutuhan penggunaan input petani untuk meningkatkan hasil produksi usahatani yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi dan mengetahui peranan faktor karakteristik individu dan faktor organisasi pada kinerja pegawai Dinas Pertanian Provinsi Bali. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 responden. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori dan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor karakteristik individu dan faktor organisasi memiliki peranan yang sama atau seimbang terhadap kinerja pegawai Dinas Pertanian Provinsi Bali dengan nilai sebesar 50%. Sub-faktor tingkat pendidikan memiliki peranan terbesar terhadap faktor karakteristik individu dan peranan terendah terhadap faktor karakteristik individu adalah sub-faktor jenis kelamin. Sub-faktor kompensasi memiliki peranan terbesar dan sub-faktor disiplin memiliki peranan terendah terhadap faktor organisasi. Sub-faktor yang memiliki peranan terbesar terhadap faktor kinerja pegawai Dinas Pertanian Provinsi Bali adalah sub-faktor kompensasi. Sub-faktor yang mempunyai peranan terbesar kedua dan ketiga adalah sub-faktor tingkat pendidikan dan sub-faktor umur. Sub-faktor yang berperan paling rendah terhadap faktor kinerja pegawai adalah sub-faktor disiplin. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya Pemerintah Provinsi Bali dapat menerapkan sistem kompensasi yang baik guna membantu dalam memberi penguatan terhadap nilai-nilai kunci organisasi serta memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi. Pegawai harus meningkatkan disiplin dalam menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kinerja yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: analisis faktor konfirmatori, faktor karakteristik individy, faktor organisasi, kinerja pegawai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item