UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam Menertibkan Pedagang Kaki Lima di Kota Denpasar Tahun 2014

Aldi Juliant Loebaloe, Aldi J Loebaloe (2015) Peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam Menertibkan Pedagang Kaki Lima di Kota Denpasar Tahun 2014. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
3ce525041ed1fa9514dd674e7e14d102.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Archive (BAB I)
1a0d79345e2e88cbc4800b2405a2c12c.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Archive (BAB II)
2d0cdb24e000c517bb3ea03d858b3c9e.pdf - Published Version

Download (393kB)

Abstract

Abstrak Pedagang kaki lima merupakan pekerjaan disektor informal yang kehadirannya menjadi pro dan kontra disetiap daerah khusunya Denpasar. Pedagang kaki lima menjual barang dagangannya disekitar fasilitas umum yang akhirnya menganggu ketertiban umum. Satuan Polisi Pamong Praja merupakan salah satu perangkat pemerintah daerah yang memiliki peran penting dalam melakukan penertiban PKL diKota Denpasar. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peran dari Satpol PP dalam menertibkan PKL diKota Denpasar serta hambatan-hambatan yang diterima oleh Satpol PP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori yang digunakan adalah teori pengukuran kinerja dari Agus Dwiyanto dengan indikator yang digunakan adalah produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan observasi dengan melihat secara langsung fenomena yang terjadi dilapangan serta melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang berhubungan dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran Satpol PP Kota Denpasar dalam menertibkan PKL belum optimal hal ini karena produktivitas dari Satpol PP tidak maksimal karena kurangnya SDM maupun sarana dan prasarana yang ada. Kualitas Layanan dari Satpol PP juga belum maksimal karena kebanyakan personil dari Satpol PP hanya berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas serta kualitas sarana dan prasarana yang buruk. Responsivitas Satpol PP tidak optimal karena Satpol PP belum mampuh memenuhi kebutuhan dari PKL yaitu lahan untuk berjualan. Selain itu belum ditegakkanya sanksi dan hukuman sesuai dengan Perda yang berlaku diKota Denpasar sehingga responsibilitas dari Satpol PP tidak optimal. Hambatan yang diterima Satpol PP adalah hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal adalah kurangnya SDM dari Satpol PP itu sendiri serta kemampuan dari personil yang masih kurang, sedangkan hambatan eksternalnya adalah adanya oknum yang mem-backup para PKL, kurangya kesadaran dari PKL dalam mematuhi peraturan serta belum adanya lahan untuk PKL itu sendiri. Oleh karena itu saran dari peneliti adalah sebaiknya Satpol PP perlu menambah jumlah anggota/personil serta lebih memperhatikan saran dan prasaran yang akan digunakan. Selain itu perlu secepatnya merancang Perda mengenai zona-zona yang dapat digunakan PKL untuk berjualan dan lebih tegas dalam pemberian hukuman atau sanksi bagi yang melanggar peraturan tersebut. Kata kunci: Peran, Satuan Polisi Pamong Praja, Pedagang Kaki Lima

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran,Satuan Polisi Pamong Praja,Pedagang Kaki Lima
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item