UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Strategi Pengembangan Agroindustri Herbal Pada Industri Kecil Di Kabupaten Gianyar Bali.

Anak Agung Sri Mahyuni, A.A. Sri Mahyuni, SE. (2015) Strategi Pengembangan Agroindustri Herbal Pada Industri Kecil Di Kabupaten Gianyar Bali. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
033a01b171e142d118275f4ea0878574.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Archive (BAB I)
8d991f3d0fde022a19d7104d33db0460.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Archive (BAB II)
ff702e824184fef245d1dc490dc519e6.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

Gianyar sebagai salah satu sentra industri mikro dan industri kecil di Bali terlihat belum mampu secara merata memberi kemajuan yang signifikan dalam mengoptimalkan potensi pertanian yang pada. Hal ini menimbulkan ketimpangan perkembangan antara industri kerajinan dan agroindustri yang pada akhirnya kurang berpihak terhadap agroindustri dan masyarakat petani. Oleh karena itu perlu adanya strategi dalam upaya untuk mengembangkan sektor agroindustri di Kabupaten Gianyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal eksternal, merumuskan strategi alternatif dan menentukan prioritas strategi dalam pengembangan agroindustri herbal pada industri kecil di Kabupaten Gianyar. Pada penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan analisis matriks internal-eksternal (IE) dan matrix grand strategy serta analisis SWOT kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Analisis QSPM untuk menentukan prioritas strategi. Hasil penelitian terhadap strategi pengembangan agroindustri herbal yang telah dirumuskan berdasarkan SWOT menghasilkan beberapa rumusan strategi diantaranya: (1) mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk herbal melalui kegiatan sosial di masyarakat, pameran, iklan media massa maupun media sosial, (2) memberdayakan ibu-ibu PKKdan anak-anak putus sekolah di setiap banjar untuk membudidayakan tanaman obat dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun tanaman obat keluarga (toga), (3) menciptakan desain kemasan yang menarik disesuaikan dengan segmen dan target pasar yang ingin dicapai, (4) berusaha mendapatkan tambahan modal usaha baik berupa pinjaman maupun hibah untuk meningkatkan kapasitas produksi, (5) melakukan pemasaran produk secara konvensional, online maupun menerapkan sistem multi level marketing untuk memberikan berbagai kemudahan kepada konsumen, (6) meningkatkan kualitas produksi dan senantiasa memberikan sentuhan nilai tambah pada produk sehingga bisa memenangkan persaingan, dan (7) meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan tentang herbal untuk pihak pemilik maupun pengelola agroindustri herbal, petani pemasok bahan baku, agen penjualan dan distributor. Strategi yang paling tepat untuk diprioritaskan berdasarkan hasil analisis QSPM adalah memberdayakan ibu-ibu PKK dan anak-anak putus sekolah di setiap banjar untuk membudidayakan tanaman obat dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun tanaman obat keluarga (toga). Saran dari penelitian ini agar pemilik maupun pengelola agroindustri herbal merancang pengembangan jangka pendek maupun jangka panjang sehingga dimasa mendatang bisa dijadikan sebagai kawasan wisata alternatif berbasiskan pemberdayaan masyarakat. Sementara itu untuk Pemerintah Kabupaten Gianyar agar senantiasa memberikan dukungan kepada pemilik agroindustri dalam upaya pengembangan agroindustri herbal di Kabupaten Gianyar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Agroindustri , Strategi, SWOT dan QSPM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item