UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN JAMINAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI DENPASAR

Amalia Yustika Febriani, AMALIA YUSTIKA FEBRIANI (2015) PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN JAMINAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI DENPASAR. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
148842009e4ab23089478a9685c8ee5f.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Archive (BAB I)
a25563f41a74d9f59cf55a4ed771cbc4.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Archive (BAB II)
e635203d1936c4a01e8db13abf81341e.pdf - Published Version

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Koperasi adalah :“Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan”.Koperasi sebagai suatu badan usaha yang berbadan hukum dapat melaksanakan kegiatan usaha simpan pinjam sebagai salah satu usaha atau satu-satunya kegiatan usaha koperasi. Pada Pasal 19 Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pelaksanaan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi, kegiatan usaha koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam adalah menghimpun simpanan koperasi berjangka dan tabungan koperasi dari anggota dan calon anggotanya, koperasi lain, dan atau anggotanya serta memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggotanya, koperasi lain dan atau anggotanya.Sehubungan dengan kegiatan usaha koperasi simpan pinjam tersebut, maka koperasi dapat memberikan pinjaman atau kredit kepada anggotanya maupun kepada calon anggotanya, koperasi laindan atau anggotanya dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Dalam pemberian kredit tersebut dapat disertakan dengan jaminan. Jaminan tersebut digunakan untuk meminimalkan resiko terjadinya kredit macet. Maka permasalahan yang menjadi pembahasan dalam penetian ini adalah Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh koperasi simpan pinjam dalam melakukan eksekusi terhadap jaminan kredit dan bagaimana penyelesaian kredit macet pada koperasi simpan pinjam di Denpasar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan metode penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris adalah penelitian di lapangan, guna meneliti pelaksanaan undang-undang dalam prakteknya di masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah yang bersumber dari penelitian lapangan yaitu suatu data yang diperoleh langsung dari sumber utama di lapangan yaitu baik dari responden maupun informan sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library reseach). Hasil dari penelitian ini adalah kendala-kendala yang dihadapi oleh koperasi simpan pinjam dalam melakkukan eksekusi terhadap jaminan kredit yaitu barang jaminan tersebut disembunyikan oleh debitur an barang jaminan tersebut tidak dalam keadaan semula (rusak). Penyelesaian kredit macet pada koperasi simpan pinjam adalah dengan memberikan surat peringatan I hingga surat peringatan ke III, apabila tidak ditanggapi maka akan dilakukan penyitaan barang jaminan oleh pihak koperasi simpan pinjam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Simpan Pinjam, Kredit, Jaminan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item