UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

HAK MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KOTA DENPASAR

Agus Pratama Putra, AGUS PRATAMA PUTRA (2015) HAK MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KOTA DENPASAR. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
8505e2d52f6f681c86da24b944b0d568.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Archive (BAB I)
8fb4c20c861b3af28e3f149c28947d11.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Archive (BAB II)
322ab128544339798bf76b747bb7df66.pdf - Published Version

Download (126kB)

Abstract

Produksi sampah setiap hari semakin meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan aktivitas kehidupan masyarakat. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi paningkatan volume sampah tersebut adalah dengan cara mengurangi volume sampah dari sumbernya melalui partisipasi masyarakat, dari semakin banyaknya timbulan sampah, apabila tidak dikelola secara baik dan teratur bisa menimbulkan berbagai masalah, bukan saja bagi pemerintah tetapi juga bagi masyarakat. Seiring dengan program pemerintah pengelolaan sampah dengan turut partisipasi masyarakat dilakukan melalui program bank sampah. Dari hal tersebut mengandung permasalahan mengenai pengaturan hak-hak masyarakat dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui program bank sampah di Kota Denpasar. Isu hukum yang ditinjau yaitu penerapan Pasal 11 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dilihat dari partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, penyelenggaraan, dan pengawasan di bidang pengelolaan sampah. Serta pengelolaan sampah dengan adanya program bank sampah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dikualifikasikan dalam jenis penelitan yang bersifat yuridis empiris dengan menganalisa masalah yang dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan teori-teori yang sudah ada. Data hukum yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan, data hukum sekunder berupa dokumen-dokumen berupa peraturan perundang-undangan dan literatur hukum. Dalam mendapatkan data, teknik yang digunakan adalah teknik studi dokumen, yaitu dalam pengumpulan data hukum primer dan sekunder terhadap sumber kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang dibahas, kemudian melalui studi lapangan yang dilakukan dengan cara turun secara langsung dilapangan melalui wawancara untuk mendapatkan data primer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa, Pengaturan hak-hak masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kota Denpasar. Penyelenggaraannya di pandang perlu adanya produk hukum yang mengatur khusus mengenai hak masyarakat dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui program bank sampah di Kota Denpasar, melalui penukaran sampah menjadi sembako. Disarankan perlu adanya peningkatan partisipasi masyarakat dengan melalukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat mengenai program, mekanisme bank sampah serta menambah sarana dan prasarana pendukung pengelolaan sampah yang lebih memadai. Seperti personel pengangkut sampah dan armada angkut sampah lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, pengelolaan sampah, pengaturan hak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item