UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMANSI ALAT PEMERAS SANTAN TIPE ULIR DAYA HORIZONTAL PENGGERAK MANUAL

Ahmad Eko Yulianto, Ahmad Eko Yulianto (2015) RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMANSI ALAT PEMERAS SANTAN TIPE ULIR DAYA HORIZONTAL PENGGERAK MANUAL. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9eff182e96b5fec12b37a488ebe11eac.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Archive (BAB I)
745c05f88ac015ec5593630cea42ad31.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Archive (BAB II)
5fc99102988409c9fb5e0f3517f39a67.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pemanfaatan buah kelapa yaitu diambil santanya untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa tradisional. Pemerasan parutan kelapa merupakan tahap yang sangat penting dan menentukan dalam menghasilkan santan. Proses pemerasan santan dari parutan kelapa di masyarakat saat ini masih menggunakan tangan sehingga jumlah santan yang diperoleh kurang optimal. Sementara alat pemeras santan yang ada di pasaran yaitu alat pemeras santan tipe ulir piston kurang efisien karena langkah yang terlalu banyak dalam satu siklus. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan manufaktur alat pemeras santan tipe ulir daya horizontal penggerak manual. Komponen utama dari alat pemeras santan tipe ulir daya ini adalah tabung silinder dan ulir daya. Tabung berfungsi sebagai wadah parutan kelapa, sedangkan ulir daya berfungsi untuk mendorong dan menekan parutan kelapa dengan mekanisme gerakan berputar sehingga santan dan ampas keluar secara terus menerus. Ulir dirancang dengan menggunakan konfigurasi poros lurus dengan profil segi-empat. Putaran ulir daya yang digunakan yaitu antara 15 – 25 rpm. Hasil pengujian alat pemeras santan tipe ulir daya horizontal penggerak manual memiliki kapasitas rata-rata 13 kg/jam dan rendemen pemerasan santan rata-rata 55%. Rendemen ini lebih tinggi baik dibandingkan dengan pemerasan menggunakan tangan maupun alat pemeras santan tipe ulir piston. Operasional alat pemeras santan tipe ulir daya horizontal penggerak manual lebih mudah dan cepat karena ampas langsung keluar dengan sendirinya setelah terperas santanya, dan proses pemerasan dapat berlangsung kontinu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ulir daya, parutan kelapa, santan, kapasitas, rendemen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item