UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengawasan Bahan Baku dan Mutu yang Efektif Guna Mendukung Kelancaran Proses Produksi Pada PT Alove Bali

Anak Agung Sagung Dessy Anestesia Prabhaningrum, Anak Agung Sagung Dessy Anestesia Prabhaningrum (2016) Pengawasan Bahan Baku dan Mutu yang Efektif Guna Mendukung Kelancaran Proses Produksi Pada PT Alove Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
a78e539935db6bea5f865f8004462e16.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Archive (BAB I)
3ff0f07647c4f32cb46a42edd5f343d6.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Archive (BAB II)
c1c2cf02b1da73f10add4f95753c000f.pdf - Published Version

Download (304kB)

Abstract

PT Alove Bali merupakan salah satu produsen pupuk organik cair (POC) di Bali yang dibuat dari lidah buaya. Perkembangan duni yang diwarnai dengan berbagai macam persaingan bisnis saat ini yang membuat PT Alove Bali semakin ketat dalam mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka PT Alove Bali harus dapat menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis pengendalian bahan baku dan mutu POC pada PT Alove Bali. Analisis dilakukan dengan cara mengolah data produk POC rusak menggunakan metode (Statistical Process Control) SPC dengan peta kontrol, diagram sebab-akibat, dan menganalisis total biaya optimum atas mutu. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan lebih memilih untuk melakukan persediaan dalam proses, karena tidak menimbulkan biaya penyimpanan yang terlalu besar seperti jika perusahaan melakukan persediaan bahan baku mentah. Analisis pengendalian mutu menggunakan peta kontrol mengenai produk POC rusak menunjukkan bahwa proses produksi POC dalam keadaan tidak terkendali, karena sebagian besar masih ada titik yag berada diluar batas kendali. Berdasarkan hasil analisis diagram sebab-akibat terdapat empat faktor penyebab produk POC rusak, yaitu bahan baku, alat dan mesin, proses, dan tenaga kerja. Berdasarkan hasil analisis total biaya optimum atas mutu, jumlah kerusakan optimum yang dapat ditolerir terjadi adalah sejumlah 89.715 liter, dan dengan begitu total biaya optimum atas mutu yang sebaiknya dilakukan perusahaan yaitu sebesar Rp 1.327.489.411,39.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pupuk organik cair, pengendalian bahan baku, pengendalian mutu, total biaya atas mutu, diagram sebab akibat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item