UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perencanaan Strategis E-Content Banyuwangi Digital Society

Yohanes Pracoyo Widi Prasetyo, Yohanes Pracoyo Widi Prasetyo (2016) Perencanaan Strategis E-Content Banyuwangi Digital Society. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
35e53c5da41f3b6a11ad0c22c8d8dd08.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Archive (BAB I)
f36540ae827ca942601ca499b31fecf1.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Archive (BAB II)
013a57b711ca5d7cbac834bb90c351c1.pdf - Published Version

Download (637kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berimplikasi terhadap pelayanan pemerintahan dan mendorong penerapan teknologi ini untuk diterapkan dalam sistem layanan terpadu. Hal ini memberi inspirasi pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat suatu program inovasi yaitu B-DiSo (Banyuwangi Digital Society), dengan konsep untuk mendorong agar terjadi interaksi baru antara pemerintah, masyarakat dan stake holder yang melibatkan teknologi informasi dengan tujuan memperbaiki mutu pelayanan publik yang selama ini berjalan. Penelitian tentang perencanaan strategis e-content Banyuwangi Digital Society ini dilandasi kerangka penelitian dengan merumuskan masalah pada B-DiSo yaitu tingkat partisipasi masyarakat dan inovasi content, kemudian dilakukan pengumpulan data sekunder, melakukan wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi. Penentuan dari perencanaan ini, melalui visi dan misi program, pencapaian konsep nilai inovasi, menciptakan inovasi dan menentukan sasaran segmentasi dari program tersebut. Strategi Blue Ocean dan Balanced Scorecard dimanfaatkan sebagai permodelan untuk mendapatkan analisis dan formula, sehingga bisa dipetakan kebutuhan B-DiSo. Hasil analisis dari kebutuhan masyarakat Kabupaten Banyuwangi untuk perencanaan strategis e-content yang didasarkan pada metode BOS dan BSC, terdapat kegiatan dan program pendukung dari program B-DiSo yang harus dihapuskan antara lain sosialisasi dan konten yang tidak relevan, biaya dan prosedur dalam program B-DiSo ini. Disisi lain perlu diciptakan suatu inovasi konten program B-DiSo agar memiliki daya tarik sehingga masyarakat bersedia memanfaatkan program B-DiSo ini. Berdasarkan analisis dari perspektif BSC, perlu pengembangan kebutuhan e-content yang memiliki konsep kecepatan akses yang stabil, desain konten dan integrasi layanan yang mudah dioperasikan, up date informasi dan rancangan konten yang mudah untuk dikembangkan. Pemanfaatan wifi.id pada program B-DiSo yang dilakukan oleh masyarakat Banyuwangi masih rendah, hal ini terbaca dari jumlah responden yang mencapai 70% belum menggunakan jaringan wifi.id untuk melakukan akses internet, dikarenakan sosialisasi yang belum optimal. Peran serta masyarakat di Kabupaten Banyuwangi untuk akses pada konten-konten B-DiSo masih rendah, hal ini terlihat pada hasil analisis yang diperoleh dari kuesioner, yang mengetahui tentang program B-DiSo adalah sebesar 36%. Hasil analisis perencanaan strategis e-content yang didasarkan pada metode BOS dan BSC, terdapat kegiatan dan program pendukung dari program B-DiSo yang harus dihapuskan antara lain sosialisasi dan konten yang tidak relevan, biaya kegiatan yang tidak mendukung program dan kerumitan prosedur dalam program B-DiSo ini. Disisi lain perlu diciptakan suatu inovasi pada konten program B-DiSo agar memiliki daya tarik sehingga masyarakat bersedia memanfaatkan program B-DiSo ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: program BDiso, metode BOS-BSC, perencanaan e-content.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item View Item