UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kota Denpasar

Gede Suryawan, GEDE SURYAWAN (2014) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kota Denpasar. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
7ea5966775265a5a9971d0b624522dfd.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Archive (BAB I)
1640a627a57ea85faefc4f7e95701b62.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Archive (BAB II)
d02924c7c16213a41d54c28758babe59.pdf - Published Version

Download (324kB)

Abstract

Pemerintah daerah dalam menjalankan monopoli pelayanan publik, sebagai regulator ( rulegovernmentharus memberikan dan meningkatkan pelayanan yang memuaskan masyarakat melalui good governance. Pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis karena perbaikan pelayanan publik di Indonesia khusus di Denpasar Bali cendrung berjalan ditempat, sedangkan implikasinya sangatlah luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Mendirikan bangunan merupakan pekerjaan mengadakan bangunan baik sebagian maupun seluruhnya termasuk pekerjaan menggali dan menimbun atau meratakan tanah yang berhubungan dengan pekerjaan mengadakan bangunan. Izin mendirikan bangunan (IMB) adalah izin yang diberikan untuk melakukan kegiatan membangun yang dapat diterbitkan apabila rencana bangunan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang meliputi aspek pertanahan, aspek planologis(perencanaan), aspek teknis, aspek kesehatan, aspek kenyamanan, dan aspek lingkungan. Deskripsi Variabel Penelitian meliputi tangibles, kualitas pelayanan 49,5% responden menilai baik dan 43,5% responden menilai sangat baik; dimensi reliability, kualitas pelayanan mendapatkan nilai asymp. Sig (2-tiled) sebesar 0,000 lebihkecil dari 0,05 yang berartin terdapat perubahan yang signifikan.; responsiveness, kualitas pelayanan mendapatkan nilai asymp. Sig (2-tiled) sebesar 0,000lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perubahan yang signifikan karena memberikan penilaian baik terhadap aspek kesigapan pegawai untuk melayani, cepatnya menanggapi pertanyaan, proaktif melayani, dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan; assurance sangat baik (65,9%)dan baik (31,8%). yang merupakan salah satubukti keberhasilan reformasi birokrasi yang mampu merubah stigma birokrasi yang sarat dengan pungutan liar. Pelayanan yang bebas pungutan liar ini menjadi prestasi yang sering disebutkan Menteri Keuangan diberbagai forum; emphaty, responden menilai baik terhadap faktor kemudahan menghubungi atau menemui pegawai yang melayani,pegawai melayani dengan bahasa yang digunakan mudah dipahami, pegawai yang melayani menanyakan keperluan dari responden, dan pegawai meminta kritik dan saran saat melayani. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Servqual yaitu factortangibles, reliability, responsiveness, assurance dan Emphaty terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Denpasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, faktor servqual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item