UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Perencanaan Kebutuhan Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Udayana Tahun 2015

Nyoman Sakha Wangsa, NYOMAN SAKHA WANGSA (2016) Analisis Perencanaan Kebutuhan Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Udayana Tahun 2015. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c6ed6fbd3ae3ddc0715a8ff6dccb0f82.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Archive (BAB I)
f0956cd2ffabb97a692f7213a3e86d6a.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Archive (BAB II)
17a1217aa92b9b1a4b4d4cc68192d903.pdf - Published Version

Download (144kB)

Abstract

Pelayanan rawat jalan merupakan salah satu pokok pelayanan yang diberikan di rumah sakit, pelayanan rawat jalan termasuk pelayanan yang banyak dipakai jasanya oleh masyarakat. Untuk melakukan pelayanan dengan baik dibutuhkan juga penyebaran informasi dengan baik, salah satu sistem yang sangat berpengaruh dalam keberlangsungan rumah sakit adalah sistem informasi manajemen rumah sakit. Dikarenakan belum adanya sistem informasi manajemen di rumah sakit di rumah skait Ptn Udayana maka perlu dilakukannya perencaan pembuatan simrs. Untuk melihat kebutuhan informasi apa saja yang dibutuhkan pihak pelayanan rawta jalan di rumah sakit Ptn Udayana. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif. Penelitian dilakukan di pelayanan rawat jalan rumah sakit Ptn Udayana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan cross sectional yaitu pengumpulan data dilakukan pada saat yang sama. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan data sekunder dari dari berkas yang digunakan. Informan penelitian berjumlah enam orang yang terdiri dari petugas loket, petugas poliklinik umum, petugas poliklinik spesialis, petugas laboratorium, petugas apotek, dan petugas kasir. Pada penelitian ini analisa dilakukan dengan menggunakan analisis secara deskriptif kualitatif sementara untuk uji validitas dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya informasi yang perlu dilengkapi pada berdasarkan berkas yang digunakan di pelayanan rawat jalan, diantaranya jenis pembayaran yang dilakukan, alamat pasien, dan jenis pengobatan pasien. Informasi dari pelayanan rawat jalan akan digunakan oleh pihak petugas pelayanan dan pihak manajemen rumah sakit. Informasi dari pelayanan rawat jalan akan digunakan pada saat saat pasien melakukan pemeriksaan medis, konsultasi kepada dokter, pengambilan obat, pada saat pengambilan obat, pembayaran, perencanaan oleh manajemen dan untuk keperluan penelitian dalam kapasitas sebagai Rumah Sakit Pendidikan. Secara keseluruhan informasi dari pelayanan rawat jalan ini akan digunakan sebagai bahan acuan untuk membuat laporan bulanan dan selain itu, informasi dari pelayanan rawat jalan akan digunakan oleh petugas rawat jalan sendiri dan oleh pihak manajemen rumah sakit untuk pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan informasi, SIMRS, RS PTN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item