UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Dampak Moderasi Profitabilitas Terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Agusta Amanda Wulandari, Agusta Amanda Wulandari (2015) Dampak Moderasi Profitabilitas Terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
496bea9801e76bc566b77bd5846cab83.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Archive (BAB I)
57f2ba1e987cde9de945aab27d6feaba.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Archive (BAB II)
9a3875d268ea0a0608bd94b09258bc4a.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Ketidakkonsistenan hasil penelitian mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan mengindikasikan adanya faktor lain yang turut mempengaruhi, sehingga mendorong peneliti untuk memasukkan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Gray et al. (1995) menyatakan bahwa profitabilitas merupakan faktor yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada manajemen untuk mengungkapkan pertanggungjawaban sosial kepada pemegang saham. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan maka semakin besar pengungkapan informasi sosial. Return On Asset (ROA) adalah salah satu bentuk dari rasio profitabilitas yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan perusahaan atas keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktivitas dengan tujuan menghasilkan laba. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 37 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012, dengan 174 pengamatan. Analisis statistik meliputi uji asumsi klasik dan uji kelayakan model dan untuk menguji pengaruh variabel pemoderasi dalam hipotesis penelitian ini menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan model regresi sudah memenuhi persyaratan uji asumsi klasik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif pada nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, 2) Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi terbukti mampu memperkuat hubungan antara pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, profitabilitas, nilai perusahaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item