UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS SALURAN DRAINASE PRIMER PADA SISTEM PEMBUANGAN SUNGAI/TUKAD MATI

I Gusti Ngurah Bayu Wiranata, I Gusti Ngurah Bayu Wiranata (2016) ANALISIS SALURAN DRAINASE PRIMER PADA SISTEM PEMBUANGAN SUNGAI/TUKAD MATI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
2e8a2b24b610178f029726323a5db6d8.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Archive (BAB I)
f6aee2c98b9aa142d33d5bb1bed00ded.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Archive (BAB II)
71ab23e9865b042809883b09624328f1.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

Wilayah Denpasar seringkali terjadi banjir dan banyak air yang menggenang di ruas jalan. Aktivitas warga sangat terganggu akibat banjir dan warga merasa dirugikan, karena arus lalu lintas akan terganggu dan akan menyebabkan kerugian material. Tidak terkontrolnya perkembangan pembangunan fisik menyebabkan permasalahan yang berdampak pada penyempitan areal resapan, dimana pada saat musim hujan limpasan air permukaan langsung menuju saluran drainase. Berkurangnya daerah resapan menyebabkan kapasitas saluran drainase saat ini menjadi sangat terbatas sehingga fungsi saluran kurang optimal. Salah satu saluran pembuang yang bermasalah adalah Sungai/Tukad Mati dimana pada daerah sekitar saluran pembuang utama ini sering terjadi banjir akibat meluapnya air pada saluran saat musim hujan. Banjir tersebut disebabkan oleh bayak faktor, antara lain endapan sedimen disepanjang saluran, tumpukan sampah disepanjang saluran, kerusakan dinding saluran, terbatasnya jalan inspeksi sepanjang saluran ,serta topografi yang relatif datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi di wilayah Tukad Mati serta meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah pada saluran dan ikut bekerja sama dalam menjaga kondisi saluran agar tetap baik dan berfungsi optimal. Perencanaan dimensi saluran diperoleh dari perhitungan debit dengan melihat kondisi topografi setempat dan luas daerah pengairan. Data sekunder yaitu peta DAS Tukad Mati dan data curah hujan harin maksimu didapat dari BMKG Wilayah III Denpasar. Metode Log Person III digunakan untuk perhitungan analisis curah hujan rencana, dimana Stasiun Kapal, Sading, Sumerta, dan Sanglah adalah stasiun yang ditinjau untuk menentukan curah hujan harian maksimum dengan metode Polygon Thiessen. Selanjutnya untuk perhitungan debit banjir rencana menggunakan metode rasional. Dari hasil perhitungan didapatkan penampang saluran yang dibutuhkan lebih besar daripada penampang saluran eksisting sehingga harus dilakukan pembesaran dimensi saluran sesuai dengan hasil perhitungan yang dilakukan, dimana saluran yang diperbesar hanya yang terdapat di hulu sampai bagian tengah saja kerana pada bagian hilir saluran telah mampu menampung debit banjir rencana. Selain itu harus dilakukan pembersihan saluran secara continue atau terus menerus baik berupa pengerukan sedimen dan sampah pada dasar saluran agar air dapat mengalir dengan baik. Saluran yang direncanakan menggunakan saluran beton atau pasangan batu yang disemen lalu diaci agar kekasaran dinding lebih kecil sehingga dapat mempercepat aliran air menuju hilir.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Banjir, saluran pembuangan, dimensi saluran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item