UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Verbal and Non - Verbal Messages in Garnier Product Advertisements

I Gst. Agung Triana Rakanita, I Gst. Agung Triana Rakanita (2016) Verbal and Non - Verbal Messages in Garnier Product Advertisements. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0fa31f13573067de491e50ac9f372651.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Archive (BAB I)
44e87d0931d3481f0e288b4315e60cdf.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Archive (BAB II)
8fda3fd28c3aca259789308dbab81756.pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul "Pesan Verbal dan Non-verbal di dalam Iklan Produk Garnier" Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis-jenis makna dan fungsi dalam iklan produk Garnier dan untuk menggambarkan makna-makna dari tanda verbal dan non-verbal yang terdapat dalam iklan produk Garnier. Iklan cetak Garnier digunakan sebagai sumber data karena iklan ini adalah jenis iklan yang menarik yang memiliki tanda-tanda verbal dan non-verbal. Data-data pada penelitian ini diambil dari situs internet. Metode dokumentasi dan teknik pencatatan diterapkan dalam mengumpulkan data. Data-data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori yang diusulkan oleh Chandler tentang tanda verbal dan non-verbal. Dia menyatakan bahwa tanda merupakan komposisi dari "penanda" dan "petanda". Teori makna dan fungsi oleh Leech, ia mengatakan bahwa ada tujuh jenis makna dan lima fungsi bahasa dan juga teori tentang warna oleh Cerrato. Dari analisis tersebut, dapat dikatakan bahwa tanda verbal dan non-verbal saling berhubungan satu sama lain karena apa yang ditulis oleh pengiklan dalam bentuk pesan verbal sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh pengiklan dalam bentuk pesan non-verbal. Dalam iklan produk Garnier, pengiklan menyampaikan makna melalui gambar yang menarik dan warna melalui tanda-tanda non-verbal dan tanda-tanda verbal memiliki bahasa yang kreatif dan struktur yang sederhana sehingga dapat dengan mudah menarik perhatian seseorang dan itu membuat konsumen mudah memahami apa yang dimaksudkan oleh pengiklan. Berdasarkan empat iklan yang telah dianalisis, hampir memiliki makna dan fungsi bahasa yang sama di setiap kalimat. Selain itu, warna non-verbal adalah hal yang paling menarik dalam empat iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: tanda verbal dan non-verbal, makna dan fungsi, iklan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item