UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Kinerja Koperasi Karyawan Widhya Guna Artha Denpasar Propinsi Bali:Pendekatan Balanced Scorecard.

I Wayan Yudi Suwanda, I Wayan Yudi Suwanda (2016) Kinerja Koperasi Karyawan Widhya Guna Artha Denpasar Propinsi Bali:Pendekatan Balanced Scorecard. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1ef9a3f2f4ead185d6ad3648e302e4d8.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Archive (BAB I)
82917a2bc04ca397862173d02e284dd5.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Archive (BAB II)
3978ec419c6d982bd84090ba78456ccf.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

Sampai kini penilaian kinerja perusahaan atau koperasi lebih banyak dari sisi keuangan. Agar pengukuran dan penilaian lebih komprehensif, dilakukan pendekatan balanced scorecard. Tujuan penelitian mengetahui kinerja Koperasi Karyawan Widhya Guna Artha ditinjau dari empat perspektif Balanced Scorecard yaitu, keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Periode tahun 2011-2014 dipilih mengikuti keaktualan dan kelengkapan data. Populasi dan sampel penelitian yaitu pengurus, anggota dan pelanggan koperasi. Jenis data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dan metode deskriptip kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) Kinerja Koperasi Karyawan Widhya Guna Artha Denpasar ditinjau dari perspektif keuangan dengan menggunakan beberapa kriteria yaitu Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Rasio Leverage, dan Rasio Aktivitas dari tahun 2011-2014 menunjukkan kinerja sangat baik dari aspek penjaminan dan kesehatan keuangan tetapi bernilai sangat kurang sampai cukup dari aspek kinerja aktivitas ekonomi usaha dalam hal maksimalisasi pendayagunaan aktiva untuk memperoleh tambahan profit. Dari aspek pencapaian rasio historis, kinerja koperasi dapat dikatakan stabil. (2) dari perspektif pelanggan pada aspek kepuasan pelanggan menunjukkan hasil yang cukup karena dominan pelanggan menyatakan ragu-ragu terhadap kualitas pelayanan koperasi, tetapi pada aspek akuisisi pelanggan, menunjukkan kinerja yang baik karena mampu menumbuhkan atau mengakuasisi pelanggan di atas 10% setiap tahun. (3) dari perspektif proses bisnis internal pada aspek proses transaksi kredit dan aspek proses transaksi simpanan deposito menunjukkan bahwa proses bisnis telah berjalan efisien (4) dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada aspek produktivitas karyawan sudah baik, yang ditunjukkan oleh produktivitas karyawan selama empat tahun terakhir (2011-2014) terus meningkat. Sedangkan dari aspek kepuasan karyawan yang didekati dari kelima dimensi yaitu dimensi kerja secara mental, dimensi imbalan, dimensi kondisi kerja, dimensi rekan kerja, dan dimensi kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan menunjukkan hasil bahwa pada keseluruhan dimensi karyawan menyatakan puas kecuali pada dimensi imbalan karyawan merasa sedang-sedang saja. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan saran (1) Perlu dilakukan peningkatan aktivitas usaha memanfaatkan kelebihan aktiva untuk menambah profit. (2) Perlu dievaluasi pelayanan kepada pelanggan. (3) Perlu dievaluasi imbalan yang diberikan kepada karyawan (4) Perlu penelitian lanjutan oleh peneliti lain dengan menambah satu perspektif baru yaitu kepercayaan (trust).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Keuangan, Pelanggan, Karyawan, Balanced Scorecard
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item