UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Jaya Kusuma Sarana

Angga Aditya Arya Wahyudi, Angga Aditya Arya Wahyudi (2016) Analisis faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Jaya Kusuma Sarana. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
750b2e46bb5d99bfe123765b3e565c62.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Archive (BAB I)
7b1c8b7e511341491c8d3dd66a32f5f4.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Archive (BAB II)
de7aca2362ed435c7ebd39baf464655c.pdf - Published Version

Download (353kB)

Abstract

Perkembangan proyek konstruksi yang pesat di Bali membuat banyaknya jumlah penyedia jasa pada bidang konstruksi, salah satunya kontraktor. Dengan persaingan yang ada, kontraktor harus mampu menunjukan kinerja yang baik. Keberhasilan organisasi dipengaruhi oleh banyak sumber pada perusahaan tersebut, yaitu sumber daya teknologi, uang maupun manusia. Manusia memiliki pengaruh utama untuk mewujudkan tujuan organisasi. PT. Jaya Kusuma Sarana (JKS) merupakan salah satu kontraktor yang telah tersertifikasi oleh ISO 9001 : 2008 dan pada tahun 2013 dilakukan evaluasi ISO 9001, kualitas sumber daya manusia pada PT. JKS Bali masih perlu ditingkatkan berdasarkan indikator sasaran dan target dari tiap divisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja dan faktor dominan apa yang mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode desktriptif kuantitatif, dengan cara melakukan survei menggunakan kuisoner. Analisis data dilakukan menggunakan analisi faktor untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dan faktor dominan apa yang mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. JKS Bali. Dari hasil penelitian ini teridentifikasi ada 13 faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan PT. JKS Bali, yang membentuk 6 kelompok yaitu kelompok pertama pelatihan, minat dan pendidikan; kelompok kedua adalah kemampuan disiplin dan evaluasi; kelompok ketiga adalah jaminan sosial dan pesepsi peran; kelompok keempat adalah kepemimpinan dan reward; kelompok kelima adalah penempatan kerja dan kapasitas diri; kelompok keenam adalah sumber daya. Diantara kelompok faktor tersebut faktor dominan yang mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. JKS adalah pelatihan, minat dan pendidikan. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan, PT. JKS harus memperhatikan faktor –faktor tersebut khususnya faktor dominan, yaitu: dengan memberikan pelatihan, mengidentifikasi minat dan pendidikan karyawan yang cocok untuk deskripsi pekerjaan mereka. Dengan memperhatikan faktor dominan tersebut diharapkan kinerja karyawan PT. JKS dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kontraktor, kinerja karyawan, analisis faktor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item