UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

KEDUDUKAN HUKUM AKTA TANAH YANG DIBUAT OLEH CAMAT

Ni Made Budiani, Ni Made Budiani,SH (2016) KEDUDUKAN HUKUM AKTA TANAH YANG DIBUAT OLEH CAMAT. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0401b409d6b1b8da4b35f866ee9c6956.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Archive (BAB I)
0da5f22785384eb9fd48bf334cc364c3.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Archive (BAB II)
772e715697bad3581f682b5e0677625b.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK KEDUDUKAN HUKUM AKTA TANAH YANG DIBUAT OLEH CAMAT Camat sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara masih dibutuhkan khususnya di wilayah yang belum cukup terdapat PPAT. Pasal 18 ayat (3) Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 menyebutkan bahwa bisa saja seorang Camat ditunjuk menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) tanpa mengikuti pendidikan dan pelatihan mengenai PPAT, sementara seorang Notaris yang merangkap sebagai PPAT dipersyaratkan harus seorang sarjana hukum dan lulusan jenjang strata dua kenotariatan (Pasal 3 huruf e dan Pasal 15 Undang-Undang Tahun 2014 tentang jabatan Notaris). Perbedaan persyaratan pengangkatan PPAT untuk Camat dan untuk Notaris ini menunjukkan bahwa terdapat norma kabur dalam hal persyaratan pengangkatan PPAT. Berdasarkan norma kabur tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang kedudukan hukum akta tanah yang dibuat oleh Camat sebagai PPAT Sementara dan akibat hukum dari akta tanah yang dibuat oleh Camat sebagai PPAT Sementara. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yang menganalisa kedudukan hukum akta tanah yang dibuat oleh Camat. Pendekatan penelitian terdiri dari pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep dan pendekatan sejarah. Sumber bahan hukum dalam penelitian ini terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interpretatif, evaluatif, argumentatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedudukan hukum akta tanah yang dibuat oleh Camat sebagai PPAT Sementara secara yuridis adalah sah atau (legal), karena ada dasar hukumnya dalam menerbitkan pembuatan akte tanah yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Namun akta yang dibuat oleh Camat sebagai PPAT Sementara menjadi tidak sah jika dalam jual beli tanahnya tidak disertai sertifikat atau Camat yang bersangkutan merubah tata cara pembuatan akta peralihan hak atas tanah dalam formulir yang ditentukan yang memang tidak sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah; dan (2) akibat hukum dari akta tanah yang dibuat oleh Camat sebagai PPAT Sementara, bila dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, akta yang dibuat oleh Camat tersebut sah dan memiliki kekuatan hukum kuat dan tegas. Namun bila dilakukan tanpa bukti alas hak kepemilikan/hak menguasai atas tanah, maka akta peralihan tersebut hanya sebagai akta di bawah tangan bukan sebagai akta otentik, meskipun dibuat di hadapan PPAT Sementara. Akibat hukum yang lebih serius bila dalam membuat akta tanah Camat sebagai PPAT Sementara lalai tidak melakukan pemeriksaan Sertipikat asli sebelum pembuatan akta. Terhadap kelalaian ini berakibat batal demi hukum atas akta yang dibuat oleh PPAT Sementara tersebut, jika ternyata Sertipikat tersebut tidak terdaftar di Kantor Partanahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Camat, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Sementara, Pendaftaran Tanah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item View Item