UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BPSK DENPASAR DALAM JUAL BELI MELALUI ONLINE (E-COMMERCE)

Anak Agung Gede Mahardhika Geriya, ANAK AGUNG GEDE MAHARDHIKA GERIYA (2015) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BPSK DENPASAR DALAM JUAL BELI MELALUI ONLINE (E-COMMERCE). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
3cf432a77b4d8918554b5737d4d88aa4.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Archive (BAB I)
87a39f88e1de94e7464ae61092435863.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Archive (BAB II)
baadc2e7f3ac0f2f6ed941fa85790132.pdf - Published Version

Download (520kB)

Abstract

ABSTRAK: Skripsi ini berjudul “Penyelesaian Sengketa Konsumen oleh BPSK Denpasar dalam Jual Beli Melalui Online (E-Commerce)”. Tren Jual beli barang melalui toko online (e-commerce) adalah suatu proses membeli dan menjual produk secara elektronik oleh konsumen dari Perusahan dengan komputer sebagai perantara transaksi Bisnis. Persoalan muncul, karena kedua belah pihak secara fisik tidak bertemu, maka kemungkinan lahirnya bentuk–bentuk kecurangan atau kekeliruan menjadi perhatian utama yang penting untuk diteliti dan perlu penanganan lebih besar. Dampak negatif dari e-commerce itu sendiri cenderung merugikan konsumen. Denpasar merupakan kota terbesar di Provinsi Bali yang baik pusat pemerintahan atau perdagangan ada di Kota Denpasar. Sehingga kemungkinan terbesar terjadinya hal-hal tersebut di atas ada di Kota Denpasar, karena merupakan kota sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan. Terkait dengan hal tersebut, baik pelaku usaha maupun konsumen dapat melaporkan ke BPSK Denpasar. Karena BPSK Denpasar difungsikan sebagai lembaga untuk menyelesaikan sengketa konsumen sebagai perwujudan dari perlindungan hukum yang diberikan oleh Negara Indonesia. Skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris, yang merupakan metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data primer dan menemukan kebenaran dengan menggunakan metode berfikir induktif dan kriterium kebenaran koresponden serta fakta yang digunakan untuk melakukan proses induksi dan pengujian kebenaran secara koresponden Penyelesaian sengketa konsumen terkait e-commerce di BPSK Denpasar diselesaikan dengan cara mediasi. Dimana dalam penelitian ini ditemukan 1 kasus sengketa konsumen dalam bidang e-commerce yaitu kasus Villa di Bucu. Pelaku usaha harus menghadiri panggilan BPSK Denpasar sehingga tidak ada kendala dalam penyelesaian sengketa konsumen di masa depan. Kata Kunci : Transaksi Online (e-commerce), Penyelesaian Sengketa, Perlindungan, Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Transaksi Online (e-commerce), Penyelesaian Sengketa, Perlindungan, Konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item