UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Kinerja dan Kebutuhan Pengembangan Terminal Barang di Kota Denpasar

Nyoman Gery Arishandi, Nyoman Gery Arishandi (2016) Analisis Kinerja dan Kebutuhan Pengembangan Terminal Barang di Kota Denpasar. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
48a9db405d92677ada28f84948dde116.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Archive (BAB I)
3113aded08abedc1d2eb2cf3c0e0768d.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Archive (BAB II)
39e7549e5f091647f69d9b3a13300f64.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Terminal Kargo dengan jumlah petak parkir sebanyak 70 unit sebagai tempat bongkar muat kendaraan barang yang tidak memiliki gudang. Namun demikian, aktivitas bongkar muat barang masih banyak dilakukan di ruang milik jalan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Hal ini memicu Pemerintah Kota Denpasar untuk mengembangkan terminal ke sebelah barat Terminal Kargo Denpasar yang ada saat ini. Maka dari itu perlu dilakukan analisis kinerja Terminal Kargo Denpasar saat ini dan kebutuhan pengembangan terminal ke depannya demi memenuhi permintaan aktivitas bongkar muat di terminal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem operasional di Terminal Kargo, menganalisis karakteristik parkir dan kebutuhan parkir ke depannya dalam pengembangan Terminal Kargo Kota Denpasar serta menganalisis kelayakan pengembangan Terminal Kargo. Data primer diperoleh melalui survai langsung di Terminal Kargo Denpasar, antar lain survai headaway, survai parkir kordon, dan survai inventarisasi parkir. Data sekunder diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Denpasar antara lain data jumlah kendaraan yang masuk Terminal, gambar denah Terminal Kargo, data fasilitas terminal, sistem operasional terminal, lokasi pengembangan Terminal Kargo dan data kepemilikan angkutan barang saat ini. Hasil analisis menunjukkan sistem operasional terminal ada 4 tahap yaitu, mekanisme penimbangan berat beban angkut di jembatan timbang, mekanisme jasa tunggu parkir, prosedur sewa gudang, dan mekanisme bongkar muat barang. Hasil analisis karakteristik operasional Terminal Kargo menunjukkan waktu tempuh rata-rata kendaraan barang selama perjalanan adalah 15,39 jam dengan jarak tempuh rata-rata 592,58 km dan kecepatan rata-rata perjalanan adalah 37,59 km/jam, lama waktu bongkar barang 2,03 jam dan muat barang 1,88 jam dengan memuat barang kering 13,5%, angkutan yang memuat barang cair 5,47%, angkutan barang yang memuat barang umum 81,02%. Analisis karakteristik parkir menunjukkan volume parkir adalah 44,5 kendaraan/jam, kapasitas parkir adalah 36 kendaraan/jam dengan penyediaan parkir sebanyak 372 kendaraan dengan Indeks parkir 4 yang menunjukkan Terminal Kargo sudah tidak dapat memenuhi aktivitas kendaraan barang. Besarnya kebutuhan parkir untuk pengembangan Terminal Kargo adalah 101 petak parkir dan kebutuhan petak parkir di tahun 2048 adalah 123 petak parkir. Studi kelayakan finansial dengan i=15% maka alternatif I NPV= Rp -101.045.012.899 < 0 dan besarnya nilai BCR adalah 0,0806 < 1. Kedua nilai NPV dan BCR lebih kecil dari syarat yang NPV dan BCR sehingga investasi dinyatakan tidak layak. Kelayakan finansial alternatif 2, NPV = Rp 53.598.220.643,00 > 0, BCR= 1,482 > 1 serta nilai IRR 18% > i sehingga investasi dinyatakan layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan terminal, karakteristik operasional, karakteristik parkir, kebutuhan parkir, kelayakan finansial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item View Item