UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Strategi Pemasaran Asparagus pada Koperasi Tani Mertanadi di Desa Plaga, Kecamatan Petang Kabupaten Badung.

Putu Suwandewi, Putu Suwandewi, SE (2016) Strategi Pemasaran Asparagus pada Koperasi Tani Mertanadi di Desa Plaga, Kecamatan Petang Kabupaten Badung. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1c58d15649f89bc4341011d8c25011fc.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Archive (BAB I)
a422c648a129a675ed43c4b8f59a54a6.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Archive (BAB II)
e778cb154bab640f88f10d8f86698dd5.pdf - Published Version

Download (126kB)

Abstract

Anggota Koperasi Tani Mertanadi masalah kegiatan pemasaran merupakan salah satu dari sekian masalah yang dihadapi, keberhasilan dalam memproduksi dalam hal ini asparagus sering dihadapkan pada masalah bagaimana menjual produk kepada konsumen agar uang yang diinvestasikan dapat segera kembali. Tujuan penelitiani adalah untuk mengetahui faktor-faktor strategis internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran asparagus pada Koperasi Tani Mertanadi, analisis yang dipergunakanadalah analisis SWOT dan QSPM.dengan responden sebanyak 18 orang yang ditunjuk secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara internal faktor yang menjadi kekuatan utama dalam pemasaran asparagus adalah memiliki tenaga pendamping dari ICDF dan faktor kelemahan utama adalah kurangnya promosi tentang asparagus. Secara eksternal, faktor yang menjadi peluang utama adalah kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah yang sangat mendukung untuk pengembangan asparagus dan karena Bali merupakan daerah pariwisata sangat mendukung untuk pemasaran asparagus, dan faktor yang menjadi ancaman utama adalah perubahan iklim yang sangat mempengaruhi hasil produksi asparagus. Strategi Utama (grand strategy) pemasaran asparagus adalah market penetration dan product development. Market penetration strategy merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan market share suatu produk atau jasa melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih besar. Product development strategy merupakan strategi yang bertujuan agar Koperasi dapat meningkatkan penjualan dengan cara meningkatkan atau memodifikasi produk-produk yang ada sekarang. Strategi alternatif adalah peningkatan promosi tentang asparagus seiring dengan peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pasar, meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar dan melakukan perluasan pasar untuk mendorong penyerapan hasil produksi, pemantapan dan penguatan kelembagaan koperasi, peningkatan daya saing komoditas melalui penguasaan teknologi budidaya dan pasca panen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, Asparagus, Koperasi Tani.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11002

Actions (login required)

View Item View Item