UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

SANKSI PIDANA PENGGANTI DENDA BAGI KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA KHUSUS

Agus Eka Juniarta, AGUS EKA JUNIARTA (2015) SANKSI PIDANA PENGGANTI DENDA BAGI KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA KHUSUS. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d84ad887e7c6dcc8e0485cd9ba5c8e2b.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Archive (BAB I)
d7bc9ad6e9db8213d8f206f16f629f88.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Archive (BAB II)
a0106da1b69ea4e608ce2e46343d396d.pdf - Published Version

Download (289kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Sanksi Pidana Pengganti Denda Bagi Korporasi Dalam Tindak Pidana Khusus. Korporasi atau badan hukum merupakan salah satu subyek hukum pidana yang pengaturannya terdapat dalam peraturan-peraturan tindak pidana khusus diluar KUHP. Korporasi atau badan hukum ini senantiasa dikenakan sanksi pidana berupa pidana denda. Pemberian sanksi pidana denda dirasa kurang efektif, karena dibeberapa peraturan dalam tindak pidana khusus tidak ada pidana pengganti denda bagi korporasi apabila korporasi tersebut tidak mampu membayar denda, dengan kata lain terdapatnya kekosongan norma apabila pidana denda tersebut tidak dapat dibayar oleh korporasi dan seakan-akan membuat korporasi dapat terhindar dari sanksi pidana denda yang diberikan, oleh sebab itu perlu adanya pengaturan pidana pengganti denda yang sesuai dan dapat diterapkan kepada korporasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif, yakni penelitian yang mengacu kepada norma-norma hukum, yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jenis pendekatan masalah yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Pengaturan mengenai sanksi pidana pengganti denda bagi korporasi tidak terdapat dalam KUHP maupun peraturan-peraturan khusus di luar KUHP. Hal ini mengakibatkan tidak terdapatnya kepastian hukum dalam penjatuhan pidana denda terhadap korporasi, sehingga pengaturan dan penjatuhan pidana denda terhadap korporasi tidak efisien. Sanksi pidana pengganti denda bagi korporasi idealnya berupa sanksi penutupan seluruh atau sebagian korporasi yang dilakukan sementara atau selama waktu tertentu, serta pencabutan izin kegiatan, dan pembubaran usaha bisnis merupakan sanksi yang telah memenuhi unsur dari teori pemidanaan yang dimana sanksi-sanksi tersebut merupakan sanksi yang terberat dapat diberikan kepada korporasi yang membuat korporasi yang melakukan tindak pidana, tidak akan berdaya karena korporasi tersebut tidak bisa melakukan kegiatan mencari keuntungan secara finansial lagi selain itu sanksi ini juga memberikan rasa takut kepada korporasi yang lain agar tidak melakukan tindakan pidana serupa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Pidana Pengganti Denda, Korporasi, Tindak Pidana Khusus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item