UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengelolaan Pulau Penyu Berbasis Masyarakat Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata ( Studi Kasus : Pengelolaan oleh Kelompok Nelayan Deluang Sari, Desa Tanjung Benoa, Kabupaten Badung )

Satwika Wiguna Kusuma, Satwika Wiguna Kusuma (2016) Pengelolaan Pulau Penyu Berbasis Masyarakat Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata ( Studi Kasus : Pengelolaan oleh Kelompok Nelayan Deluang Sari, Desa Tanjung Benoa, Kabupaten Badung ). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
52bfc57fbd3af6c70729a8e72d364606.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Archive (BAB I)
0db9d9253dc4122112f0e03e6372f917.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Archive (BAB II)
edcd6d71fe7e60104057017918d616d3.pdf - Published Version

Download (339kB)

Abstract

Pulau Penyu merupakan salah satu daya tarik wisata yang terletak di Tanjung Benoa, Kabupaten Badung. Pulau Penyu merupakan sebuah pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Pudut di kawasan Tanjung Benoa. Pengelolaan Pulau Penyu saat ini dikelola langsung oleh masyarakat lokal secara mandiri yang tergabung dalam kelompok nelayan Deluang Sari. Namun pengelolaan yang dilakukan oleh masyarakat lokal ini masih sangat sederhana. Terdapat beberapa hambatan yang keterbatasan pengelolaan dalam mengelola Pulau Penyu sebagai daya tarik wisata di Tanjung Benoa Kabupaten Badung. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Pengelolaan Pulau Penyu Berbasis Masyarakat Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Di Tanjung Benoa Kabupaten Badung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dengan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hambatan pengelolaan dan pengelolaan Pulau Penyu oleh masyarakat lokal. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Penentuan informan dari pengelolaan Pulau Penyu ini menggunakan teknik penentuan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan konsep keterbatasan ( Tosun, 2000 ) dan pariwisata berbasis masyarakat ( Goodwin dan Santilli, 2009 ) untuk mengetahui keterbatasan pengelolaan dan pengelolaan Pulau Penyu oleh kelompok nelayan Deluang Sari Hasil penelitian yang didapat yaitu, terdapat enam keterbatasan yang menghambat pengelolaan Pulau Penyu oleh masyarakat lokal. Yaitu kurangnya koordinasi dan informasi, sikap professional, produk wisata, kurangnya keahlian, kurangnya SDM yang terlatih, dominasi kaum elit, dan sikap apatis dan rendahnya kesadaran masyarakat. Adapun Pengelolaan Pulau Penyu oleh masyarakat lokal tersebut meliputi perencanaan, pengelolaan, dan pemberian pendapat. Perencanaan merupakan program – program yang direncanakan untuk mengatasi hambatan tersebut. Adapun pengelolaan merupakan kegiatan pengelolaan Pulau Penyu yang dilakukan oleh masyarakat lokal. Dan Pemberian pendapat merupakan pemeberian suara oleh anggota kelompok untuk pengambilan keputusan yang berguna bagi pembangunan Pulau Penyu sebagai daya tarik wisata di Tanjung Benoa Kabupaten Badung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Berbasis Masyarakat, Keterbatasan, Pengelolaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item