UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Caring Perawat di Instalasi Gawat Darurat Badan Rumah Sakit Umum Tabanan Tahun 2015

Dewa Putu Edi Permana Putra, Dewa Putu Edi Permana Putra (2016) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Caring Perawat di Instalasi Gawat Darurat Badan Rumah Sakit Umum Tabanan Tahun 2015. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1a9d641a8ac91b9476126ae3cdf7eba4.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Archive (BAB I)
0fd2158da934e5212dcd3e5061415dfb.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Archive (BAB II)
b5783df00ea1187adcdeb01b7b220489.pdf - Published Version

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Edi Permana. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Caring Perawat di Instalasi Gawat Darurat Badan Rumah Sakit Umum Tabanan Tahun 2015. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Denpasar. Pembimbing (1) Ns. Made Oka Ari Kamayani, S.Kep,M.Kep; (2) Ns. I Made Oka Adnyana , S.Kep. Pelayanan keperawatan merupakan bagian dari pelayanan di rumah sakit. Pelayanan keperawatan yang bermutu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah bagaimana kemampuan perawat dalam mengelola emosi sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan secara baik yang diwujudkan melalui perilaku caring. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kecerdasan emosional, Perilaku caring perawat yang di nilai oleh pasien dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku caring perawat di IGD BRSU Tabanan. Jenis penelitian ini adalah descriptive-corelational. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di IGD BRSU Tabanan dengan jumlah 35 orang menggunakan metode purposive sampling dan pasien yang berjumlah 52 orang yang sesuai kriteria inklusi selama 2 minggu dengan metode consecutive sampling. Hasil penelitian adalah kecerdasan emosional perawat di IGD BRSU Tabanan termasuk dalam kategori sedang sebanyak 20 orang (57,14%), dengan perilaku caring dalam kategori cukup sebanyak 34 orang (65,38%) dan didapatkan kemaknaan (α)=0,014 dimana lebih kecil dari 0,05 yang berarti H1 diterima artinya ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku caring perawat di IGD BRSU Tabanan dan koefisien korelasi (r)=0,415 yang berarti ada hubungan yang cukup. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional perawat di IGD BRSU Tabanan adalah sedang dengan perilaku caring perawat cukup dan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku caring perawat,dengan tingkat hubungan cukup.untuk itu peneliti menyarankan perlu dilakukan peningkatan kemampuan perawat dengan pelatihan yang menekankan pada kemampuan perawat dalam mendengarkan kata hati, belajar dari orang lain, meningkatkan motivasi diri agar perawat mampu meningkatkan kemampuan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecerdasan emosional, perilaku caring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item