UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Komunikasi Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pada Pasien Yang Dirawat di Ruang Intensif RSUD Kabupaten Buleleng.

Gede Suwandrayana, Gede Suwandrayana (2016) Hubungan Komunikasi Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pada Pasien Yang Dirawat di Ruang Intensif RSUD Kabupaten Buleleng. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
58e99192d75af2e2bc448e87176b5b3e.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Archive (BAB I)
88189540fb8faf1e75c6cd1bada2c558.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Archive (BAB II)
28f13018bfbe5659b377a4bc0c19ce4b.pdf - Published Version

Download (146kB)

Abstract

Suwandrayana, Gede. 2015. Hubungan Komunikasi Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pada Pasien Yang Dirawat di Ruang Intensif RSUD Kabupaten Buleleng. Tugas Akhir, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Denpasar. Pembimbing (1) Ns. Ni Made Dian Sulistiowati, SKep.,MKep.,Sp.Kep.J. (2) Ns. Kadek Eka Swedarma, S.Kep.,MKes. Dalam praktek keperawatan profesional perawat memegang tanggung jawab yang sangat besar terhadap pasien dan keluarga. Penelitian menunjukkan bahwa keluarga mengalami kecemasan ketika anggota keluarganya dirawat di Ruang Intensif, ini disebabkan mereka sering kesulitan bekerja sama dengan perawat. Hal demikian terjadi karena pelaksanaan komunikasi yang tidak efektif atau kurang baik antara perawat dengan pasien dan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada pasien yang dirawat di Ruang Intensif. Penelitian ini menggunakan rancangan Crossectional dengan teknik Consecutive Sampling, analisa data menggunakan uji statistik Rank Spearman Correlation dengan derajat kemaknaan p ≤ 0,05. Populasi penelitian adalah keluarga pasien yang anggota keluarganya dirawat di ruang intensif RSUD Kabupaten Buleleng yang berjumlah 40 orang. Sampel yang didapatkan sesuai dengan kreteria inklusi adalah 40 responden. Variabel independennya adalah komunikasi perawat dan variabel dependennya adalah tingkat kecemasan keluarga. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan keluarga dengan nilai p = 0,019 dan nilai koefisien korelasi – 0,369 yang berarti arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan lemah. Penelitian mendatang diharapkan ada penelitian yang lebih mendalam tentang pelaksanaan komunikasi perawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, kecemasan , ruang intensif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item