UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Media Power Point Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Penatalaksanaan Diare Di Ruang Perawatan Anak RSUD Buleleng.

Nyoman Budiyani, Nyoman Budiyani (2016) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Media Power Point Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Penatalaksanaan Diare Di Ruang Perawatan Anak RSUD Buleleng. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c9eefc1aa0d9d244a79d5ed6b0ccecdf.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Archive (BAB I)
c69d92fe549a73a8dce0dca08fb2f623.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Archive (BAB II)
d5b8f2fc8ec156a79d1d1e09229d51cd.pdf - Published Version

Download (366kB)

Abstract

Budiyani, Nyoman. 2015. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Media Power Point Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Penatalaksanaan Diare Di Ruang Perawatan Anak RSUD Buleleng. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar. Pembimbing (1) Ns. Francisca Shanti K.,S.Kep.,M.Kep.Sp.Kep.An; (2) Ns. N.L.K. Ari S. Kumarawati, S.Kep. Diare masih merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas anak di negara berkembang termasuk Indonesia. Pengetahuan ibu dalam penatalaksanaan anak diare dapat membantu penyembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan melalui media power point terhadap pengetahuan ibu tentang penatalaksanaan diare. Penelitian ini merupakan studi quasi-experimental design dengan pendekatan rancangan nonequivalent control group design. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling yaitu consecutive sampling, sampel terdiri dari 30 responden dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kontrol. Alat pengumpulan data berupa kuesioner tentang data sosiodemografi dan pengetahuan ibu tentang penatalaksanaan diare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan pada kelompok yang diberikan intervensi menggunakan media power point dan leaflet (t=-4,148, p=0,000), dimana pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media power point memiliki rata-rata peningkatan pengetahuan yang lebih tinggi daripada menggunakan leaflet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, media power point, pengetahuan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item View Item