UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

KEKUATAN MENGIKAT AKTA KONSEN ROYA YANG DIBUAT OLEH NOTARIS

Arindi Ayudia Darmayanti, Arindi Ayudia Darmayanti (2016) KEKUATAN MENGIKAT AKTA KONSEN ROYA YANG DIBUAT OLEH NOTARIS. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
ec520c9118e22dbecd2f26ad0cc04997.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Archive (BAB I)
51b39ed52d16b01f4cca7dd585871b84.pdf - Published Version

Download (625kB)
[img] Archive (BAB II)
160076ef93e77d2ef52d1a8f4fe61eed.pdf - Published Version

Download (323kB)

Abstract

Akta konsen roya merupakan salah satu akta otentik yang dibuat notaris atas permintaan kreditur sebagai pihak yang berisi pernyataan pihak kreditur bahwa sertipikat hak tanggungan debitor yang berada dalam kekuasaannya telah hilang, Keberadaan akta konsen dalam ruang lingkup hak tanggungan belum diatur secara tegas dalam UUJN, UUHT dan peraturan lainnya, namun notaris dapat berwenang untuk membuat akta ini menurut Pasal 15 ayat (1) UU Perubahan Atas UUJN. Dalam ketentuan tersebut terdapat adanya norma kabur mengenai kewenangan notaris untuk membuat akta konsen roya. Bagaimanakah Kedudukan Hukum Akta Konsen Roya yang dibuat oleh Notaris dalam proses Pencoretan atau Roya Hak Tanggungan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997. Bagaimanakah Tanggung Jawab Notaris terhadap Akta Konsen Roya yang dibuatnya dalam hal digunakan sebagai syarat Pencoretan atau Roya. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang yang beranjak dari kekaburan norma. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual,. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer, sekunder, dan tertier. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah metode bola salju dan metode sistem kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Akta konsen roya merupakan akta notaril yang mempunyai kedudukan sebagai penganti sertifikat hak tanggungan yang hilang, yang berfungsi sebagai syarat pendaftaran roya atau pencoretan hak tanggungan. Dengan demikian akta konsen roya dalam praktek pendaftaran tanah kedudukannya sama dengan sertifikat konsen roya yang hilang sebagai syarat pendaftaran hak atas tanah. Dan Notaris dalam membuat akta konsen roya bertanggung jawab baik menurut hukum perdata, hukum administrasi, sejalan dengan ketentuan dalam UUJN dan UU Perubahan atas UUJN berikut kode etik. Dalam hal akta konsen roya yang dibuat notaris mengandung unsur adanya perbuatan melanggar hukum maka akibatnya akta tersebut kehilangan keotentikkan akta dan menjadi akta dibawah tangan sesuai dengan ketentuan Pasal 41 UU Perubahan atas UUJN.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hak Tanggungan, Akta Konsen Roya, Tanggung Jawab Notaris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item