UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Perilaku Asertif Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar

Minar Agustina Seveny, Minar Agustina Seveny (2016) Hubungan Perilaku Asertif Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
ff6a17f558c9bc09d4e8198547567a61.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
f09974391720124a4a9c339c1e7d1060.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Archive (BAB II)
7f5b38ab02baf9235eb008b0838b7c41.pdf - Published Version

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Seveny, Minar Agustina. 2015. Hubungan Perilaku Asertif Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Denpasar. Pembimbing (1) Drs. IDM. Ruspawan, Skp, M. Biomed; (2) Ns. I Ketut Suarnata, S.Kep. Perawat adalah profesi yang senantiasa berada dalam situasi hubungan antara manusia, yang berfokus pada perawatan individu, keluarga dan masyarakat untuk mencapai kesehatan yang optimal. Kesehatan yang optimal dapat diidukung oleh keterampilan perawat, salah satunya adalah keterampilan berperilaku asertif. Keterampilan asertif memungkinkan ekspresi fakta, pemikiran, meningkatkan percaya diri dan rasa saling percaya, dan membantu mengatasi masalah pasien salah satunya dengan komunikasi asertif, dimana perawat dapat mendengarkan perasaan pasien dan menjelaskan prosedur tindakan keperawatan yang apabila tidak diterapkan dapat berdampak terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku asertif perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar. Penelitian ini merupakan studi correlation dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Consecutive sampling dengan jumlah minimal sampel sebanyak 30 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reabilitas. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan analisis bivariat dengan pendekatan Uji Rank Sprearman Correlation. Hasil penelitian menunjukkan perilaku asertif perawat yang berada di ruang rawat inap Royal Queen Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar sebanyak 34 orang (85%), dan yang tidak berperilaku asertif 6 orang (15%). Kepuasan pasien rawat inap menunjukkan 22 orang (55%) menyatakan sangat memuaskan, 13 orang (33%) memuaskan, dan 5 orang (12%) cukup memuaskan. Sedangkan dari hasil uji statistic diperolah hasil ada hubungan perilaku asertif perawat dengan kepuasan pasien rawat inap dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.960 dengan tingkat signifikan 0.000 (p < 0.05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sebagian besar perawat telah menerapkan perilaku asertif yang berdampak terhadap kepuasan pasien rawat inap. Kata kunci: Perawat, Perilaku Asertif, Kepuasan Pasien Rawat Inap

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perawat, Perilaku Asertif, Kepuasan Pasien Rawat Inap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item