UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Konsep Diri dengan Konformitas pada Remaja Laki-laki yang mengkonsumsi minuman keras (Arak) di Gianyar, Bali

Putu Vebby Diah Ardyanti, Putu Vebby Diah Ardyanti (2016) Hubungan Konsep Diri dengan Konformitas pada Remaja Laki-laki yang mengkonsumsi minuman keras (Arak) di Gianyar, Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
037207b8e1f62719fdb6a6bbef287de2.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Archive (BAB I)
e386d1870493a0fc8d13348d6beedfa0.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Archive (BAB II)
6b6f96787c23dbab82231294b0aa6134.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Hubungan Konsep Diri Dengan Konformitas Pada Remaja Laki-laki Yang Mengkonsumsi Minuman Keras (Arak) Di Gianyar, Bali Putu Vebby Diah Ardyanti dan David Hizkia Tobing Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana vebbydiahardyanti@gmail.com Abstrak Tradisi minum minuman keras (arak) ditengah kehidupan masyarakat Bali sudah menyatu cukup lama, bahkan minuman keras seperti arak dan berem, termasuk tuak merupakan hal yang wajib ada dalam setiap ritual agama Hindu, sebagai aba-abaan dan tetabuhan untuk Bhuta Kala. Seiring berkembangnya zaman tradisi minum minuman keras menjadi suatu fenomena ditengah kehidupan masyarakat Bali yang merujuk pada remaja-remaja Bali mengkonsumsi minuman keras yang dianggap sebuah kewajaran yang diterima oleh masyarakat Bali. Masa remaja merupakan masa krisis yang ditunjukkan oleh adanya kepekaan dan labilitas tinggi, penuh gejolak dan ketidakseimbangan emosi, sehingga kondisi tersebut mendorong remaja untuk lebih melakukan konformitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan konformitas pada remaja laki-laki yang mengkonsumsi minuman keras (arak) di Gianyar, Bali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling, dengan subjek berjumlah 60 remaja laki-laki usia 13-17 tahun mengkonsumsi minuman keras (arak) sampai sekarang, berdomisili di Gianyar. Skala konsep diri disusun berdasarkan aspek konsep diri yang dikemukakan oleh Berzonsky (dalam Susilowati, 2011) dan skala konformitas disusun berdasarkan aspek dari teori Myers (dalam Hotpascaman, 2010). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis melalui analisis korelasi Spearman yang dikemukakan oleh Karl Pearson untuk melihat hubungan antara variabel konsep diri dengan konformitas. Analisis korelasi yang dilakukan pada variable konsep diri dan konformitas menghasilkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,465 (p < 0,05) yang mengindikasikan H0 diterima, yaitu tidak adanya hubungan antara konsep diri dengan konformitas pada remaja laki-laki yang mengkonsumsi minuman keras (arak) di Gianyar, Bali. Kata kunci : Konsep Diri, Konformitas, Remaja Laki-laki, Minuman Keras (Arak).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Konformitas, Remaja Laki-laki, Minuman Keras (Arak).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item