UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

BENTUK PENGAWASAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN VISA KUNJUNGAN OLEH WARGA NEGARA ASING DI PROVINSI BALI (STUDI KASUS DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS NGURAH RAI)

Akbar Nugraha Hermawan Jaya K, AKBAR NUGRAHA HERMAWAN JAYA K (2015) BENTUK PENGAWASAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN VISA KUNJUNGAN OLEH WARGA NEGARA ASING DI PROVINSI BALI (STUDI KASUS DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS NGURAH RAI). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
b8fee340e2203b8c1dfe9f3f2159a4ed.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Archive (BAB I)
db6d5e8790ff1cdabc69b0380d59af84.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Archive (BAB II)
9570db40a6870cae6d329627dd5e99ca.pdf - Published Version

Download (444kB)

Abstract

Abstrak Keimigrasian merupakan salah satu bagian terpenting bagi suatu negara, mengingat tugas dan tanggung jawab yang diembannya sangat menentukan keberadaan dan dan kekuatan negara yang bersangkutan. Seluruh warga negara Indonesia maupun warga negara asing setiap kali keluar-masuk wilayah Indonesia pasti berurusan terlebih dahulu dengan bagian keimigrasian. Tidak jarang persoalan kewarganegaraan suatu negara akan berkembang menjadi persoalan besar akibat kelengahan dari bagian keimigrasian negara tersebut. Kompleksnya masalah dalam efektifitas pengawasan izin tinggal warga negara asing, mulai dari penggunaan visa yang tidak sesuai, masalah penindakan keimigrasian terhadap warga negara asing yang melebihi batas waktu izin tinggal yang diberikan (overstay), masalah faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pengawasan izin tinggal warga negara asing baik dari minimnya pengetahuan masayarakat, sampai peranan aparat penegak hukum, menjadikan tindak pidana terhadap penyalahgunaan izin keimigrasian sebagai suatu tindak pidana memerlukan penangan khusus. Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pengawasan Terhadap penyalahgunaan visa kunjungan overstay oleh warga negara asing di provinsi bali” mengetengahkan permasalahan tersendiri mengenai Pengawasan Kantor Imigrasi klas I kusus Ngurah Rai Terhadap izin tinggal warga negara asing yang menggunakan visa kunjungan, serta faktor-faktor yang menjadi penyebab dalam tindak pidana penyalahgunaan izin keimigrasian dan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan sebagai upaya dalam menangani tindak pidana dan terhadap penyalahgunaan izin keimigrasian. Penulis menggunakan metode penelitian dengan metode yuridis empiris, pada tahap awal penulis terlebih dahulu melakukan penelitian terhadap bahan hukum yang berkaitan dengan penyalahgunaan izin keimigrasian. Tahap selanjutnya penulis melakukan penelitian dengan menggunakan teknik wawancara dan mengumpulkan bahan dari narasumber yaitu dari Kantor imigrasi klas I khusus Ngurah Rai yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana efektifitas pengawasan izin tinggal warga negara asing yang berada di Indonesia khususnya daerah Bali. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa masih terdapatnya Tindak Pidana Keimigrasian Baik penyalahgunaan Izin tinggal maupun Overstay berjumlah 148 orang di tahun 2014-2015 wilayah kerja Kantor Imigrasi klas I Ngurah Rai. Sedangkan yang menjadi faktor-faktor yang menghambat dan mempengaruhi efektifitas pengawasan kantor imigrasi klas I Khusus Ngurah Rai adalah Kurangnya petugas Imigrasi baik dari segi kualitas maupun kuantitas, kurangnya sarana prasarana dalam melakukan Pengawasan Orang asing dan juga Kurangnya anggaran dana dalam melakukan Pengawasan warga negara asing oleh Kantor Imigrasi kelas I khusus Ngurah Rai. Kata kunci : Pengawasan, Penyalahgunaan, Visa kunjungan, Overstay

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Penyalahgunaan, Visa kunjungan, Overstay
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item