UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Preferensi Masyarakat dalam Membeli Jeruk di Kota Denpasar, Bali

Made Ayu Winda Savitri, Made Ayu Winda Savitri (2016) Preferensi Masyarakat dalam Membeli Jeruk di Kota Denpasar, Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c18e1569280036b7df6898e3deb0aab3.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Archive (BAB I)
c0c07b3a1f09f55c55ab41b563596c7a.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Archive (BAB II)
a47bdb5c661121d921743b94d1518a6e.pdf - Published Version

Download (68kB)

Abstract

Salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia adalah Jeruk. Karena tingginya permintaan jeruk di dalam negeri, namun produksinya tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut, maka pemerintah mengimpor jeruk dari beberapa negara. Dalam menetapkan pilihan atau mengambil keputusan pemilihan produk tersebut, setiap konsumen dipengaruhi oleh preferensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat dan peranan faktor-faktor dalam membeli jeruk di Kota Denpasar, Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan cara menguraikan data yang didapatkan, ditabulasi, dan diukur menggunakan skala interval. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara yang dipandu dengan pertanyaan dari kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi jeruk di Kota Denpasar. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang yang dilakukan dengan metode accidental sampling. Preferensi masyarakat dalam membeli jeruk di Kota Denpasar tergolong banyak. Indikator yang memiliki peranan terbesar adalah kualitas jeruk (KJ), motivasi (M), dan aspek kognitif (AK). Aspek sosial (AS) memiliki peranan yang terendah. Parameter rasa jeruk (KJ1) memiliki peranan terbesar terhadap indikator kualitas jeruk (KJ) yaitu sebesar 27,18%. Jumlah anggota keluarga (AS2) merupakan parameter dengan peranan terbesar terhadap indikator aspek sosial (AS) yaitu sebesar 52,79%. Pengalaman responden (AK2) merupakan parameter dengan peranan terbesar terhadap indikator aspek kognitif (AK) yaitu sebesar 58,75%. Parameter harga jeruk (AE1) memiliki peranan terbesar terhadap indikator aspek ekonomi (AE) yaitu sebesar 18,09%. Sebagai pelengkap kebutuhan sehari-hari (M1) merupakan parameter dengan peranan terbesar terhadap indikator motivasi responden (M) yaitu sebesar 53,03%. Parameter yang memiliki peranan terbesar terhadap preferensi masyarakat dalam membeli jeruk di Kota Denpasar adalah rasa jeruk (KJ1) dengan nilai sebesar 7,26%. Parameter dengan peranan terbesar kedua adalah pengalaman responden (AK2) yaitu sebesar 6,84%. Parameter yang memiliki peranan terbesar ketiga adalah kesegaran jeruk (KJ3) dengan nilai sebesar 6,80%. Parameter yang memiliki peranan terendah terhadap preferensi masyarakat dalam membeli jeruk di Kota Denpasar adalah parameter pengetahuan responden dengan nilai 4,80%. Berdasarkan hasil analisis, kualitas jeruk merupakan indikator yang paling berperan dalam preferensi masyarakat. Saran peneliti adalah walaupun masyarakat sudah lebih memilih untuk membeli jeruk lokal dibandingkan dengan jeruk impor petani jeruk harus tetap menjaga atau meningkatkan kualitas jeruk lokal yang diproduksi agar masyarakat lebih tertarik lagi untuk mengkonsumsi jeruk lokal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: preferensi konsumen, jeruk, faktor preferensi konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item