UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI SOCIOMETRIC STATUS DI SMPN 1 BANGLI

Anak Agung Gede Raka Narayana Batuh, Anak Agung Gede Raka Narayana Batuh (2016) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI SOCIOMETRIC STATUS DI SMPN 1 BANGLI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f6b6521998215e19443adaeabca5a1a0.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Archive (BAB I)
2c9c58412e6c27bcb55c8b44d9ef0f26.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Archive (BAB II)
d87fc8d30da28f29d0e2535c519fb088.pdf - Published Version

Download (453kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang disebutkan dalam deklarasi Hak Asasi Manusia. Pendidikan di Indonesia sendiri, tercantum dalam Pasal 31 UUD 1945 pendidikan dan pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Pendidikan di Indonesia dimulai dari jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga perguruan tinggi. Pada tiap jenjang pendidikan, individu diharuskan untuk memenuhi kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan jenjang pendidikannya. selain memenuhi kompetensi yang telah ditetapkan, individu juga akan diberikan evaluasi yang dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan (Undang-Undang No. 20 Tahun 2003). Hasil dari evaluasi belajar ini yang selanjutnya disebut prestasi belajar. Slametto (2003) menjelaskan bahwa salah satu faktor yang memperngaruhi prestasi belajar adalah relasi teman sebaya atau kedudukan hubungan siswa tersebut dengan teman-teman di sekitar. Kedudukan hubungan siswa dengan teman di kelasnya dapat digambarkan dengan Sociometric Status. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ditinjau dari Sociometric Status. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa yang bersekolah di SMPN 1 Bangli. Teknik penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan menyebarkan angket sociometric status. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari sociometric status.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sociometric Status.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item