UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Komunikasi dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas

Ni Made Ferra Sarah Deviyanthi, Ni Made Ferra Sarah Deviyanthi (2016) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Komunikasi dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9a65b6f089d8f9b4ad133398e15c41ab.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Archive (BAB I)
101e663f070923238e5fb646153b2e05.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Archive (BAB II)
0881d628f62c5553cf2eaf6d458ad2a8.pdf - Published Version

Download (299kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI DALAM MEMPRESENTASIKAN TUGAS DI DEPAN KELAS Ni Made Ferra Sarah Deviyanthi Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana ABSTRAK Mahasiswa Psikologi dituntut untuk mampu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam situasi personal maupun di depan umum. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan S1 Psikologi adalah terampil dalam berkomunikasi dan mampu berhubungan interpersonal secara baik sehingga kemampuan dalam berkomunikasi merupakan nilai jual yang ditawarkan oleh lulusan psikologi untuk mampu berhadapan langsung dengan manusia namun terkadang mahasiswa mengalami kecemasan ketika berkomunikasi di depan kelas dalam rangka mempresentasikan tugas di depan kelas. Penanganan kecemasan yang dialami oleh individu dapat berbeda antara individu satu dengan individu lain tergantung pada penilaian individu terhadap kemampuan yang dimiliki yang disebut sebagai efikasi diri (Sarafino, 1994). Efikasi diri adalah suatu keyakinan individu terhadap segala aspek kelebihan yang dimiliki individu yang bertujuan menghasilkan suatu pencapaian (Bandura, 1997). Sebanyak 175 mahasiswa Psikologi Universitas Udayana dan Universitas Dhyana Pura yang masih aktif mengikuti perkuliahan dan pernah melakukan presentasi tugas secara individual di depan kelas menjadi subjek dalam penelitian kuantitatif korelasional ini. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data diolah dengan analisis Pearson Product Moment, regresi linear sederhana, independent sample t-test, dan one-way ANOVA. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas (r = -0,725; p = 0,000). Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,540 yang berarti 54% varians yang terjadi pada variabel kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas dapat dijelaskan oleh varians pada variabel efikasi diri. Analisis uji T dan uji F menemukan bahwa mean skor variabel kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas tidak berbeda secara signifikan apabila dikaji dari jenis kelamin (T = 1,389; p = 0,167) dan terdapat perbedaan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas apabila dikaji dari banyaknya pengalaman presentasi secara individual (F = 15,848; p = 0,000).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efikasi diri, kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas, mahasiswa Psikologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11140

Actions (login required)

View Item View Item