UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Strategi Pemberdayaan Koperasi Tani Berbasis Agribisnis Di Kabupaten Badung (Studi Kasus Pada Koperasi Tani Subak Uma Lambing).

Hesty Dewi Masitah, Hesty Dewi Masitah, SP (2016) Strategi Pemberdayaan Koperasi Tani Berbasis Agribisnis Di Kabupaten Badung (Studi Kasus Pada Koperasi Tani Subak Uma Lambing). Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
86e12a5a400d41c3c03610bc49101dc3.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Archive (BAB I)
1c1622682033360a9aca98cb8d301119.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Archive (BAB II)
0289b31faea50896d1bfb48c3da33781.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Dalam konteks pengembangan sistem agribisnis, peran koperasi pertanian dapat dijumpai pada pengembangan subsistem budidaya, subsistem hulu, subsistem hilir, serta sub-sistem penunjang. Subsistem penunjang koperasi memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia petani, transfer teknologi, ketersediaan permodalan dan asuransi, serta sebagai advokator sekaligus negosiator terdepan dalam mengembangkan iklim usaha yang melindungi nasib parapetani kecil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternalpada pemberdayaan koperasi tani berbasis agribisnis, merumuskan strategi yang diperlukan untuk pemberdayaan koperasi tani berbasis agribisnis, dan untuk menentukan strategi yang paling tepat dalam pemberdayaan koperasi tani berbasis agribisnis pada Koperasi Tani Subak Uma Lambing, Sibang Kaja Abiansemal Kabupaten Badung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwafaktor strategis internal yang menjadi kekuatan koperasi adalah ijin koperasi, tenaga pendamping dari Dinas Pertanian, tempat yang tetap dan lokasi yang menguntungkan, anggota yang beragam, kemitraan dalam membeli hasil pertanian dari anggota, saluran disribusi, posisi kas, penerapan teknologi yang canggih dan tepat guna, serta struktur organisasi. Faktor strategis internal yang merupakan kelemahan koperasi adalah kualitas sumber daya manusia, rasa memiliki terhadap koperasi, kemampuan koperasi dalam membeli hasil pertanian, sarana alat produksi, semangat menggunakan jasa koperasi, pemupukan modal melalui simpanan pokok dan simpanan wajib, kelemahan opeasional, serta kelemahan psikologi. Faktor strategis eksternal yang merupakan peluang koperasi adalah kebijakan pemerintah, pembinaan dan pengawasan, daya tampung hasil pertanian, koperasi sebagai penyedia jasa, dan masih ada anggota subak yang belum masuk koperasi. Faktor strategis eksternal yang merupakan ancaman koperasi adalah laju perekonomian, perubahan suku bunga yang terus berubah, dan perubahan iklim.Strategi yang perlu dirumuskan adalah strategi peningkatan kemampuan finansial, pengembangan pemasaran, pengembangan sumber daya manusia, pengaturan dan pengendalian.Strategi yang paling tepat adalah menerapkan prinsip-prinsip good corporate government (GCG).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Agribisnis, Koperasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item