UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Klasifikasi Rumah Tangga Untuk Penentuan Penerima KPS (Kartu Perlindungan Sosial) Dengan Menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor (MKNN).

Ni Wayan Eka Ayuningsih, Ni Wayan Eka Ayuningsih (2016) Klasifikasi Rumah Tangga Untuk Penentuan Penerima KPS (Kartu Perlindungan Sosial) Dengan Menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor (MKNN). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
dddcf1e8203f5ae1ba14da58c29e076d.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Archive (BAB I)
7e747848036e654213da064070ec7a18.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Archive (BAB II)
bedec289961c874e3cc52d3b2a0814d6.pdf - Published Version

Download (234kB)

Abstract

Kartu Perlindungan Sosial (KPS) adalah kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S). KPS membantu memastikan agar rumah tangga miskin dan rentan miskin dapat menerima manfaat dari semua program perlindungan sosial yang berhak diterimanya sehingga membantu upaya rumah tangga untuk keluar dari kemiskinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modified K-Nearest Neighbor (MKNN). MKNN merupakan pengembangan dari algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) yang diperkenalkan oleh Parvin dkk. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk untuk mengatasi masalah tingkat akurasi yang rendah pada algoritma KNN dan meningkatkan performa algoritma KNN. Modifikasi dilakukan dengan menambahkan proses validasi pada dataset serta melakukan perubahan pada mekanisme penentuan kelas data objek baru. Sistem yang dikembangkan melakukan klasifikasi menjadi dua kelas yakni rumah tangga sasaran (RTS) penerima KPS dan non rumah tangga sasaran (Non RTS). Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 300 data rumah tangga yang diperoleh dari dua lingkungan di Kelurahan Pagesangan yakni Lingkungan Pagesangan Barat dan Pagesangan Bebidas. Dari data yang diperoleh terdapat 140 data rumah tangga sasaran (RTS)/penerima KPS dan 160 data non RTS/ bukan penerima KPS. Pengujian dilakukan dengan membandingkan nilai akurasi yang diperoleh dari hasil klasifikasi menggukan metode MKNN dan metode KNN. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata (mean) akurasi dari klasifikasi dengan metode KNN bernilai 70.07% dan 70.67% untuk metode MKNN, standar deviasi yang diperoleh dari KNN lebih tinggi dari metode MKNN yakni sebesar 1,17 untuk metode KNN dan 0,97 untuk metode MKNN.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kartu Perlindungan Sosial, Modified K-Nearest Neighbor, K-Nearest Neighbor, RTS, Non RTS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item