UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB NEGARA TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI OLEH PERWAKILAN DIPLOMATIK BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL

Anak Agung Ayu Agung Cintya Dewi, ANAK AGUNG AYU AGUNG CINTYA DEWI (2015) TANGGUNG JAWAB NEGARA TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI OLEH PERWAKILAN DIPLOMATIK BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
05cf89fcba7d57023d8ddcd54d8d11c3.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Archive (BAB I)
28c13894d5a0be250644eb72def4545e.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Archive (BAB II)
4c6c3845310a70d5fe71b5116f0d455b.pdf - Published Version

Download (238kB)

Abstract

Sebagai subyek Hukum Internasional, negara memiliki hak dan kewajiban internasional. Dimana hak dan kewajiban negara terhadap individu pada hakekatnya ditentukan oleh wilayah negara itu sendiri dan kewarganegaraan dari individu yang bersangkutan. Negara juga mempunyai kewajiban untuk melindungi warga negaranya yang tinggal atau bekerja di luar negeri. Tanggungjawab dan kewajiban suatu negara untuk melindungi warga negaranya yang tinggal atau bekerja di luar negeri diemban oleh fungsi diplomatik. Apabila seorang warga negara dari suatu negara pengirim mengalami suatu masalah di negara penerima maka perwakilan diplomatik negara pengirim di negara penerima harus memberikan bantuan dan pertolongan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya adalah Faktor apakah yang menjadi penyebab perwakilan diplomatik belum dapat melindungi tenaga kerja Indonesia dan Bagaimanakah tanggungjawab perwakilan diplomatik terhadap tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode normatif yaitu mengkaji pokok permasalahan yang dibahas dengan mengkaitkannya dengan peraturan perundang-undangan dan pendapat para sarjana dari berbagai sumber buku yang terkait dengan permasalahan. Kesimpulan yang diperoleh, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 dipandang tidak memadai dan tidak efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dalam praktek terkait penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya permasalahan yang timbul dari Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 belum mencakup seluruh ruang lingkup yang seharusnya diberikan terhadap tenaga kerja Indonesia. Tanggungjawab perwakilan diplomatik dalam memberikan perlindungan pada tenaga kerja Indonesia di luar negeri berkewajiban untuk memberikan perlindungan serta menjamin hak-hak semua tenaga kerja Indonesia. Perlindungan hukum yang diberikan dapat dilihat dari instrumen hukum dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab, Perlindungan, Tenaga Kerja Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item