UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENURUNAN INTENSITAS KUNJUNGAN WISATAWAN DI DAYA TARIK WISATA CANDIDASA, KABUPATEN KARANGASEM, BALI

Ida Ayu Dyana Prawerti, Ida Ayu Dyana Prawerti (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENURUNAN INTENSITAS KUNJUNGAN WISATAWAN DI DAYA TARIK WISATA CANDIDASA, KABUPATEN KARANGASEM, BALI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
59e585924258bc2f651335f541a1fac0.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Archive (BAB I)
e6538f7faa910ca72e31cdf0e9c4000b.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Archive (BAB II)
4f4b61859b99b4eccbebb2807cc2b650.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Program Studi S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Laporan Akhir A. Nama : Ida Ayu Dyana Prawerti B. Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Intensitas Kunjungan Wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali C. Jumlah Halaman : xii + 99 Halaman D. Ringkasan : Selama tujuh tahun terakhir intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa mengalami penurunan. Berdasarkan penurunan tersebut maka perlu untuk dikaji mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor yang mempengaruhi penurunan intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa (2) faktor dominan yang mempengaruhi penurunan intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Populasi, dalam penelitian meliputi wisatawan yang sedang berkunjung ke Daya Tarik Wisata Candidasa dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih secara accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil menunjukkan dari 27 variabel dapat direduksi menjadi 22 variabel yang tersebar ke dalam 8 (delapan) faktor. Terdapat 5 (lima) variabel dikeluarkan dari model karena tidak memenuhi kriteria MSA > 0,5 yaitu variabel kelayakan infrastruktur (X4), jarak (X5), ketersediaan tourist information center (X9), politik global (X19) dan ekonomi nasional (X13). Hasil analisis faktor menunjukkan 22 variabel yang tersisa tersebar ke dalam 8 (delapan) faktor yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa, diantaranya adalah faktor atraksi dengan eigenvalue 8,171, faktor keamanan dengan eigenvalue 2,665, faktor kualitas dengan eigenvalue 1,983, faktor politik dengan eigenvalue 1,622, faktor teknologi dengan eigenvalue 1,560, faktor amenitas dengan eigenvalue 1,375, faktor promosi dengan eigenvalue 1,099 dan faktor efisiensi waktu dengan eigenvalue 1,047. Diketahui bahwa faktor dominan yang mempengaruhi penurunan intensitas kunjungan wisatawan di Daya Tarik Wisata Candidasa adalah faktor atraksi karena memiliki eigenvalue tertinggi dari keseluruhan faktor yang sudah terbentuk. Adapun variabel yang termasuk dalam faktor atraksi adalah kondisi daya tarik wisata, kebersihan daya tarik wisata, kenyamanan wisatawan, kondisi/isu kesehatan, peran masyarakat lokal dan aktifitas wisata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kunjungan Wisatawan, Analisis Faktor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item