UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Sistem Penentuan Otonan Dengan Mengkonversi Tanggal Dan jam Menjadi Bilangan Julian Menggunakan Metode Julian Day Number Berbasis Mobile

Made Pasek Agus Ariawan, Made Pasek Agus Ariawan (2016) Sistem Penentuan Otonan Dengan Mengkonversi Tanggal Dan jam Menjadi Bilangan Julian Menggunakan Metode Julian Day Number Berbasis Mobile. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
927cf9e6b779bf172cc8658eecb36f20.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Archive (BAB I)
ff7fe873b41750fd77eb6e8c3b19befc.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Archive (BAB II)
e36d112beff1305ee14e6463ce2c4dcb.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Otonan merupakan bagian penting dari manusa yadnya, dalam kepercayaan masyrakat bali khusunya umat hindu manusa yadnya sangat penting dilakukan selain sebagai suatu kebudayaan manusa yadnya juga bertujuan untuk mensucikankan diri lahir batin, namun tidak banyak orang yang bisa melakukan perhitungan untuk menentukan kapan hari otonan mereka. Sehingga diperlukan sebuah sarana yang dapat mempermudah seseorang dalam menentukan hari otonannya. Metode Julian Day Number merupakan bilangan bulat yang menyatakan urutan hari yang di mulai dari angka. Angka julian day number terus bertambah 1 satuan waktu setiap hari di mulai dari jam 12 siang. Sistem JD ini adalah suatu epok (tahun, bulan, tanggal, jam, menit,detik), dalam kasus ini perhitungan penetuan otonan menggunakan metode perhitungan wewaran sehingga dengan menggunakan metode julian day number memudahkan melakukan perhitungan otonan karena setiap tanggal di konversi menjadi suatu bilangan Berdasarkan pada pengujian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan, sistem penentuan otonan dengan menggunakan metode Julian day number telah berhasil menampilkan hari dan tanggal otonan dengan tingkat akurasi sebesar 100%. Sehingga system ini dianggap mampu untuk menentukan otonan berdasarkan inputan tanggal dan jam kelahiran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kata kunci : otonan, metode Julian day number, metode wewaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item