UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG UANG ELEKTRONIK (ELECTRONIC MONEY) PADA BANK DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBAYARAN NON TUNAI

Maria Margaretha Christi Ningrum Blegur Laumuri, MARIA MARGARETHA CHRISTI NINGRUM BLEGUR LAUMURI (2016) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG UANG ELEKTRONIK (ELECTRONIC MONEY) PADA BANK DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBAYARAN NON TUNAI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
02b0730e5c1b388618c5aad68dec5dbe.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Archive (BAB I)
239b1c7695757185e26dcfc3b6f64b78.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Archive (BAB II)
bb43a90d9f489482a0f42561bf957778.pdf - Published Version

Download (283kB)

Abstract

Penyelenggaraan pembayaran menggunakan electronic money tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemegang electronic money, namun terdapat pula risiko dalam layanan tersebut dan ketidaktahuan pemegang electronic money atas perlindungan yang diberikan terkait pelanggaran dalam penggunaan electronic money yakni mengenai perlindungan hukum, khususnya terhadap keamanan, informasi produk, dan edukasi bagi pemegang electronic money, menjadikan hal tersebut lemah penegakannya dan dapat mengakibatkan ketidakjelasan perlindungan atas keamanan penggunaan electronic money itu sendiri. Berdasarkan uraian diatas adapun permasalahan yang dibahas adalah bagaimanakah perlindungan hukum bagi pemegang electronic money dalam melakukan transaksi secara elektronik dan bagaimanakah tanggung jawab pada penyelenggara kegiatan alat pembayaran uang elektronik terhadap kerugian yang dialami oleh pemegang electronic money. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban mengenai perlindungan hukum bagi pemegang uang elektronik pada bank dalam melakukan transaksi pembayaran non tunai. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan bahan hukum primer berupa peraturan perudang-undangan, serta ditunjang dengan bahan hukum sekunder dan tersier terkait dengan permasalahan yang dibahas dan dikumpulkan dengan studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analisis konsep hukum. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemegang electronic money mendapat perlindungan dari segi keamanan dan perlindungan hukum atas penggunaan electronic money, yang dilakukan dengan perlindungan hukum no conflict/pre purchase dengan cara legislation dan voluntary self regulation serta conflict/post purchase, penyelenggara kegiatan alat pembayaran uang elektronik mempunyai tanggung jawab terkait pengelolaan produk yang diperdagangkan serta apabila dalam pengelolaan electronic money terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara kegiatan alat pembayaran uang elektronik maka penyelenggara kegiatan alat pembayaran uang elektronik dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Belum adanya peraturan khusus mengenai perlindungan hukum bagi pemegang electronic money, maka dari itu diharapkan pemerintah maupun Bank Indonesia membuat peraturan khusus mengenai perlindungan hukum bagi pemegang electronic money demi tercapainya kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Electronic Money
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item