UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Modifikasi Pergelangan Kaki Prosthetik Berbasis Ergonomi Total Meningkatkan Efisiensi Berjalan Dan Kualitas Hidup Amputee Transtibial Di Solo – Jawa Tengah

Lobes Herdiman, Ir. Lobes Herdiman, MT (2016) Modifikasi Pergelangan Kaki Prosthetik Berbasis Ergonomi Total Meningkatkan Efisiensi Berjalan Dan Kualitas Hidup Amputee Transtibial Di Solo – Jawa Tengah. Doctoral thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e422d3cc4b5e9e189d63a1da9964873b.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Archive (BAB I)
6a193c97c2eb3533da420632e6df823f.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Archive (BAB II)
37b0c9b6caed4a8a19ccd40b995d921a.pdf - Published Version

Download (574kB)

Abstract

Amputasi menyebabkan mobilitas dan kelincahan seseorang menjadi terbatas. Imobilitas ini dapat dibantu dengan menggunakan kaki prosthetik. Hingga saat ini kaki prosthetik yang digunakan amputee masih eksoskeletal, padahal kaki prosthetik ini terdapat kekurangan, di mana energi yang diperlukan tubuh lebih besar dari kapasitas tubuh hingga membuat kualitas hidup menjadi rendah. Selama dipakai untuk berjalan antara kaki prosthetik dan kaki normal terlihat masih belum simetris membuat efisiensi berjalan menjadi rendah. Pendekatan ergonomi total diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dengan melibatkan ahli prosthetik, bahan, rehabilitasi dan amputee. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan efisiensi berjalan dan kualitas hidup bagi amputee. Rancangan penelitian menggunakan cross over design. Penelitian ini melibatkan 14 amputee transtibial dengan panjang stump kaki berbeda. Pengujian berjalan dengan cara bolak balik di permukaan datar pada jarak 80 meter dengan kecepatan berjalan sekitar 1,2 m/s, waktu pengujian sekitar 6 menit. Waktu istirahat antar set selama 3 menit dan diberikan asupan nutrisi. Kelompok I memakai kaki prosthetik eksoskeletal. Kelompok II memakai kaki prosthetik endoskeletal dengan pergelangan kaki. Data awal dilakukan uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan uji homogenitas (Levene’s test) dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Pengujian data setiap kelompok untuk periode berbeda dengan tingkat signifikansi α = 0,05 meliputi uji komparabilitas, uji periode, uji residu. Uji beda terhadap perlakuan pada tingkat signifikansi α = 0,05. Uji komparabilitas menunjukkan bahwa p > 0,05 artinya tidak berbeda bermakna pada Kelompok I dan Kelompok II antar Periode I dan Periode II. Uji periode dan uji residu menunjukkan bahwa p > 0,05 artinya tidak berbeda bermakna pada Kelompok I memakai kaki prosthetik eksoskeletal kemudian endoskeletal dan Kelompok II memakai kaki prosthetik endoskeletal kemudian eksoskeletal. Uji beda pada perlakuan menunjukkan bahwa p < 0,05 artinya ada berbeda bermakna antar Periode I dan Periode II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan efisiensi berjalan dilihat dari peningkatan keseimbangan berjalan (59,54%) dan peningkatan efisiensi gait (21,29%). Kenaikan kualitas hidup dilihat dari peningkatan kenyamanan berjalan (30.0%) dan peningkatan kepuasan (22,60%), penurunan denyut nadi (40,31%), keluhan muskuloskeletal (21,13%) dan kelelahan (21,26%). Modifikasi pergelangan kaki pada prosthetik endoskeletal untuk berjalan dipermukaan datar dengan ciri gerakan multi axis energi store-return dapat meningkatkan efisiensi berjalan dan kualitas hidup bagi amputee transtibial di Solo Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Amputee transtibial, pendekatan ergonomi total, pergelangan kaki prosthetik, efisiensi berjalan, kualitas hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item