UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perencanaan Virtualisasi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik Pemerintah Kabupaten Badung

I Made Aryawan, I Made Aryawan (2016) Perencanaan Virtualisasi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik Pemerintah Kabupaten Badung. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
483e2ef77b40c79b646cde87ebe4e4c9.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Archive (BAB I)
4dc82ab7c338f6c31f951f9636b4dac6.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Archive (BAB II)
8d053cd71bb856756888a4f11f7ac62a.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dua hal yang merupakan isu utama dalam penyelenggaraan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Indonesia saat ini adalah availabilitas dan reliabilitas layanan. LPSE adalah unit kerja pada instansi pemerintah yang dibentuk sebagai wujud perubahan paradigma dalam penyelenggaraan pengadaan barang/jasa agar menjadi lebih kredibel dalam rangka terwujudnya good government dan good governance. Pada penerapannya, keterbatasan sumber daya (infrastruktur, SDM yang kompeten) seringkali menjadi barrier, sehingga dibutuhkan tata kelola yang tepat untuk menanggulanginya. Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi dalam penelitian ini diusulkan menjadi solusi alternatif mempercepat terwujudnya LPSE yang handal, efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang selanjutnya akan meningkatkan partisipatori pengguna layanan. Dalam penelitian ini dibahas Perencanaan Virtualisasi dalam penyelenggaraan layanan LPSE berdasarkan analisis Blue Ocean Strategy (BOS) dan Balanced Scorecard (BSC). Perencanaan virtualisasi menciptakan inovasi nilai bagi kinerja LPSE Badung dan merupakan suatu upaya menuju BOS, mengingat hal ini belum banyak diimplementasikan oleh LPSE lain di Indonesia. Berdasarkan pemetaan variabel ke dalam canvas strategy, dapat ditetapkan langkah pengelolaan terhadap variabel – variabel tersebut melalui penerapan kerangka kerja 4 langkah, yaitu : (1) langkah eliminasi, yaitu meniadakan kegagalan akses, (2) langkah mengurangi : kesalahan aplikasi, kesulitan akses, kesulitan mengoperasikan aplikasi, gangguan koneksi, (3) langkah meningkatkan : ketersediaan informasi, kecepatan dan kelancaran proses transaksi, kemudahan penyampaian keluhan, kualitas layanan bantuan, sistem kemanan data, serta (4) langkah menciptakan : ketahanan layanan terhadap gangguan. Implementasi virtualisasi juga memberikan nilai positif pada kinerja layanan LPSE ditinjau dari sisi persepsi tingkat kepuasan pengguna, dimana secara umum capaian kinerja LPSE Badung tercatat mendekati nilai ekspektasi pengguna, bahkan pada layanan yang berkaitan dengan penanganan keluhan capaian kinerja menunjukkan nilai yang melebihi ekspektasi pengguna. Optimalisasi serta peningkatan akurasi terkait perencanaan virtualisasi ini, dilakukan dengan mengimplementasikan analisis Balanced Scorecard melalui penetapan beberapa hal yang menjadi Key Performance Indicators dari keempat perspektif sebagaimana tertuang pada kerangka kerja BSC.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Virtualisasi, Blue Ocean Strategy, Balanced Scorecard, LPSE, e-proc.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item