UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL PRAMA SANUR BEACH

Elsa Monica Nainggolan, Elsa Monica Nainggolan (2016) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL PRAMA SANUR BEACH. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9423c1934a66090f3673ec64f0c10653.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Archive (BAB I)
9c40218dd5e3224dc7deb03191f166b7.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Archive (BAB II)
a9feb605ddf5957199bc18688fbb64d7.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Hotel Prama Sanur Beach merupakan hotel dengan tingkat occupancy yang tinggi di daerah Sanur dengan didominasi oleh wisatawan mancanegara.Tentunya ada motivasi yang mempengaruhi wisatawan mancanegara untuk menginap di Hotel Prama Sanur Beach sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di Hotel Prama Sanur Beach.Karena alasan tersebutlah maka perlu di pelajari karakteristik dan motivasi wisatawan mancanegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasiserta studi kepustakaan.Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dengan wawancara diikuti dengan kuantitatif dengan menggunakan skala likert, uji validitas, uji reabilitas, koefisien korelasi Spearman dan Uji Z. Karateristik wisatawan mancanegara yang menginap di Prama Sanur Beach adalah dominan laki-laki (55%), namun jumlah laki-laki dan perempuan hampir sama, dengan umur 61-70 tahun (41%), pensiun (57%), telah menikah (78%), berasal dari Belanda (27%), hobi bersantai (10,65%), dengan lama tinggal lebih dari 16 hari/long stay (31%) dan waktu menginap lebih dari 3 kali/repeater guest (36%). Motivasi terbesar wisatawan mancanegara untuk menginap di Prama Sanur Beach adalah untuk relaksasi (10,65%) untuk motivasi pendorong (push factor) dan motivasi karena staff hotel yang baik, ramah dan memberikan pelayanan yang baik (10,29%) untuk motivasi penarik (pull factor). Terdapat hubungan positif antara motivasi wisatawan mancanegara dengan keputusan menginap pada Hotel Prama Sanur Beach dengan koefisien korelasi Spearman 0,616 sehingga hubungan yang dimiliki cukup/sedang.Pangsa pasar Hotel Prama Sanur Beach adalah wisatawan Belanda yang sudah pensiun dengan umur 61-70 tahun.Saran untuk pihak Hotel Prama Sanur Beach adalah menjaga dan sebisa mungkin meningkatkan pelayanan dan fasilitas terkait dengan aktivitas relaksasi wisatawan serta dapat membenahi/memperbaiki beberapa kamar yang sudah terlihat tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karateristik wisatawan mancanegara, motivasi wisatawan mancanegara, keputusan menginap, Hotel Prama Sanur Beach.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item View Item