UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Implementasi Dan Analisis Algoritma One Time Pad Sebagai Keamanan Data Pada Software as a Service Berbasis Owncloud

I Gede Edy Maha Putra, I Gede Edy Mahaputra (2016) Implementasi Dan Analisis Algoritma One Time Pad Sebagai Keamanan Data Pada Software as a Service Berbasis Owncloud. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
a5f7991fbd5f3e8c3cf0130afdaf6237.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
50389d3cb1f4f61894564fc1e0dc05d9.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB II)
a2fec3eeab8b83cb579260d744f77a2d.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Suatu instansi atau organisasi dapat memanfaatkan teknologi Cloud Computing sebagai salah satu alternatif media penyimpanan online yang dapat menggantikan media disk maupu media flash. Owncloud adalah salah satu aplikasi yang disediakan sebagai cloud storage yang bisa digunakan secara bebas dan gratis. Penelitian ini memanfaatkan teknologi Cloud Computing untuk bisa mengupload file dari client menuju ke server ownCloud. File yang diupload perlu diamankan agar tidak terjadi penyadapan oleh pihak ketiga. Maka dibutuhkan sistem keamanan infrastruktur yang baik dari ownCloud untuk melindungi data-data yang penting. Keamanan dimaksudkan untuk melindungi data ketika dikirimkan menuju ke server. Dengan demikian dilakukan pengembangan sistem ownCloud dengan cara menerapkan teknik kriptografi menggunakan algortima OTP (One Time Pad). Sehingga data atau informasi yang dikirimkan itu tidak dapat diketahui, dimanipulasi ataupun dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dari hasil penelitian, penggunaan algortima One Time Pad mampu melakukan enkripsi terhadap file yang diupload dan meningkatkan keamanan sistem ownCloud. Hal ini terbukti dengan dilakukannya teknik penyadapan menggunakan wireshark untuk melihat kode hexadecimaldecimal file enkripsi yang berbeda setelah dicocokkan dengan kode hexadecimaldecimal file asli. Disamping itu algortima OTP juga berhasil dalam proses enkripsi dan dekripsi tanpa mengurangi atau menambahkan dari ukuran file asli, dilihat dari perbandingan ukuran file yang sama setelah dienkripsi maupun didekripsi serta pengujian RMS untuk perbandingan konten dari file asli dengan file setelah didekripsi yang menunjukkan nilai 0.0, artinya kedua file tersebut identik atau sama tanpa mengubah konten dari file tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, One Time Pad, ownCloud, RMS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11284

Actions (login required)

View Item View Item