UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Evaluasi Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata)

Chintiya Betari Avinda, Chintiya Betari Avinda (2016) Evaluasi Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
8211ec3872998140811b6b3c3232375f.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Archive (BAB I)
9ca2ea645fc180c007fe994963994038.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Archive (BAB II)
908a520bf5d1f584e7b7526275a46059.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Kegiatan promosi yang efektif merupakan hal yang sangat esensial dalam pengembangan pariwisata di suatu daerah. Bauran promosi merupakan salah satu alat pemasaran, dapat digunakan untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan calon wisatawan. Bauran promosi terdiri dari advertising, sales promotion, personal selling, public relations, direct marketing. Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang tengah mengembangkan daerahnya menjadi destinasi wisata yang dapat menarik banyak wisatawan. Dalam kurun waktu 2011-2014 kunjungan wisatawan mengalami peningkatan namun rata-rata lama tinggal wisatawan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi promosi yang telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta hambatan-hambatan yang dialami, yang hasilnya diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dengan kepala dinas dan staf dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi melalui bauran promosi sudah memberikan dampak positif terhadap kunjungan wisatawan namun belum cukup efektif untuk memeratakan kunjungan wisatawan dan meningkatkan lama tinggal wisatawan. Program-program advertising dan direct marketing yang dilakukan sudah efektif sedangkan sales promotion dan public relation belum cukup efektif. Dalam pelaksanaan strategi promosi juga terdapat faktor pendukung dan penghambat. Dalam penelitian ini disarankan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengkaji ulang program bauran promosi yang kurang efektif, mengadakan pelatihan kepramuwisataan dan Bahasa Inggris, memperbanyak Tourist Information Center, serta menjalin kerjasama dengan stakeholder lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Strategi Promosi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item