UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERJANJIAN PENYEDIA JASA KURSUS MENGEMUDI BAGI PENGGUNA JASA DITINJAU DARI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA

Ni Kadek Rusmiadi, NI KADEK RUSMIADI (2016) PERJANJIAN PENYEDIA JASA KURSUS MENGEMUDI BAGI PENGGUNA JASA DITINJAU DARI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
987029f811f92e8abf7dac402eeced87.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Archive (BAB I)
ea8518e4e4d8338e2631e137cb99d592.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Archive (BAB II)
2f92fa8686891b54ca3acd506f7cc5a0.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

Transportasi merupakan pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Kebutuhan akan transportasi yang semakin banyak, menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk membuka kursus mengemudi. Semakin banyaknya pelaku usaha yang membuat kursus mengemudi mangakibatkan keresahan yang menimbulkan pertanyaan mengenai keabsahan perjanjian yang dilakukan antara pelaku usaha dan pengguna jasa berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta tanggung jawab pelaku usaha dalam upaya untuk mendapatkan SIM (Surat Ijin Mengemudi) Penelitian yang dipergunakan dalam tulisan dan pembahasan permasalahan ini adalah metode dengan cara penelitian hukum normatif. Metode penelitian hukum normatif yang dipergunakan dalam penulisan ini guna melakukan penelitian yang beranjak dari konflik antar norma yang berlaku. Lembaga atau pelaku usaha swasta yang diperbolehkan untuk melakukan kegiatan atau usaha untuk memberikan pendidikan dan pelatihan mengemudi adalah lembaga swasta yang telah mendapatkan ijin serta akreditasi resmi dari pemerintah daerah.Apabila syarat dan ketentuan yang telah tercantum dalam undang-undang tersebut tidak terpenuhi maka lembaga tersebut dianggap tidak sah keberadaannya sebagai pelaku usaha. Serta perjanjian yang dilakukan akan menjadi batal demi Hukum karena bertentangan dengan undang-undang. Lembaga swata yang terakreditasi oleh pemerintah yang diperbolehkan untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendidikan mengemudi. Tapi tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan ataupun menjamin pengguna jasa dalam mendapatkan SIM (Surat Ijin Mengemudi) karena menurut undang-undang yang berhak untuk mendapatkan SIM Surat Ijin Mengemudi adalah calon pengemudi yang mengikuti dan lulus ujian mengemudi yang dilaksanakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Kursus mengemudi, Tanggung Jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item