UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PEMBERIAN EKSTRAK ETHANOL BUAH ANGGUR BALI (VITIS VINIFERA) MENGHAMBAT KERUSAKAN SEL β PANKREAS DAN PENINGKATAN KREATIN KINASE PADA TIKUS ALBINO (RATTUS NORVEGICUS) WISTAR YANG DIINDUKSI PELATIHAN FISIK BERLEBIH.

Boedi Prihatini Yenniastoeti, Boedi Prihatini Yenniastuti (2016) PEMBERIAN EKSTRAK ETHANOL BUAH ANGGUR BALI (VITIS VINIFERA) MENGHAMBAT KERUSAKAN SEL β PANKREAS DAN PENINGKATAN KREATIN KINASE PADA TIKUS ALBINO (RATTUS NORVEGICUS) WISTAR YANG DIINDUKSI PELATIHAN FISIK BERLEBIH. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c8364d7020c555cd4444ce7227171b1b.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Archive (BAB I)
37f0c045b85c333aa798cd8ee3d2ac7c.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Archive (BAB II)
d7ddc3c743bd19a1c5e4534b753fca82.pdf - Published Version

Download (749kB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERIAN EKSTRAK ETHANOL BUAH ANGGUR BALI (VITIS VINIFERA) MENGHAMBAT KERUSAKAN SEL β PANKREAS DAN PENINGKATAN KREATIN KINASE PADA TIKUS ALBINO (RATTUS NORVEGICUS) WISTAR YANG DIINDUKSI PELATIHAN FISIK BERLEBIH. Pelatihan fisik berlebih adalah volume latihan yang terlalu banyak, intensitas pelatihan yang terlalu tinggi, durasi pelatihan yang terlalu panjang. Peningkatan penggunaan oksigen menyebabkan terjadinya peningkatan kebocoran elektron dari mitokondria yang akan menjadi Reactive Oxygen Species yang dapat merusak sel β pankreas. Antioksidan dapat menghambat kerusakan oksidasi pada suatu molekul target. Buah anggur Bali merupakan sumber antioksidan dengan kandungan polifenol dan antosianin yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa pemberian ekstrak ethanol buah anggur dapat menghambat kerusakan sel β pankreas dan peningkatan kadar kreatin kinase pada tikus wistar yang diinduksi pelatihan fisik berlebih. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan completely randomized posttest only control group design yang menggunakan 36 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan, dewasa (berumur 2,5-3 bulan), yang terbagi menjadi 2 (dua) kelompok masing-masing berjumlah 18 ekor tikus, satu kelompok sebagai kelompok kontrol yang diberikan pelatihan fisik berlebih (P0) dan kelompok lainnya adalah kelompok perlakuan yang diberi pelatihan berlebih dan ekstrak ethanol buah anggur bali dengan dosis 25g/kgBB (P1). Hasilnya adalah rerata jumlah sel β pankreas pada kelompok kontrol (P0) setelah perlakuan (post test) 30,00�3,56, sedangkan pada kelompok perlakuan (P1) adalah 43,63�7,74. Pada kedua kelompok ini sesudah perlakuan memiliki rerata jumlah sel β pankreas yang berbeda bermakna (p

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ekstrak ethanol buah anggur, sel ^
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item