UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PROSPEK PIDANA PENGAWASAN SEBAGAI ALTERNATIF ANCAMAN PIDANA DALAM PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA

Putu Kevin Saputra Ryadi, PUTU KEVIN SAPUTRA RYADI (2016) PROSPEK PIDANA PENGAWASAN SEBAGAI ALTERNATIF ANCAMAN PIDANA DALAM PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
7e73c8d662a5da96da7a0d8db6fd9852.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Archive (BAB I)
a621368db7b4074770da7ce56d4604e6.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Archive (BAB II)
7b69133b191cf3f34c3620593607f45b.pdf - Published Version

Download (293kB)

Abstract

Pidana Pengawasan (pidana bersyarat) merupakan salah satu jenis alternatif dari penjatuhan pidana penjara jangka pendek. Indonesia pun telah memiliki beberapa peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pidana pengawasan, tetapi ketentuan-ketentuan tersebut belum dapat digunakan secara lebih efektif sebagai sarana alternatif penerapan pidana penjara, khususnya pidana penjara jangka pendek. Permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana pengaturan pidana pengawasan di dalam hukum positif di Indonesia dan prospek pidana pengawasan sebagai alternatif ancaman pidana dalam pembaharuan hukum pidana. Penelitian ini penting dilakukan untuk memberikan kontribusi keilmuan secara ilmiah terkait pengembangan hukum pidana dan juga terkait dengan prospek pidana pengawasan sebagai alternatif ancaman pidana di masa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini termasuk dalam kategori atau jenis penelitian hukum normatif. Perlunya penelitian hukum normatif ini adalah beranjak dari adanya kekaburan norma hukum yang berkaitan dalam permasalahan penelitian, sehingga didalam mengkajinya lebih mengutamakan sumber data sekunder, yaitu berupa bahan hukum primer, sekunder, tersier. Pengaturan tentang pidana pengawasan dalam hukum positif Indonesia terdapat dalam KUHP dan UU Sistem Peradilan Pidana Anak, namun peraturan perundang-undangan tersebut belum mengatur tentang pidana pengawasan secara lengkap dan jelas. Pengaturan tentang pidana pengawasan dimasa yang akan datang terdapat dalam RUU-KUHP, namun belum secara jelas pengaturannya. Diperlukan aturan hukum yang jelas dan lengkap tentang pidana pengawasan sehingga diharapkan agar prospek kedepannya pemerintah membentuk suatu aturan hukum baik dengan menyempurnakan aturan yang sudah ada atau dengan membentuk aturan baru yang khusus mengatur tentang pidana pengawasan dan sebaiknya pemerintah jangan terburu-buru untuk mengesahkan dan memberlakukan RUU-KUHP yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pidana penjara jangka pendek, pengaturan, pidana pengawasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item