UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENJABARAN PRINSIP-PRINSIP HUKUM PERDAGANGAN MINYAK INTERNASIONAL DALAM PENGATURAN MINYAK INDONESIA

Luh Putu Yeyen Karista Putri, LUH PUTU YEYEN KARISTA PUTRI (2016) PENJABARAN PRINSIP-PRINSIP HUKUM PERDAGANGAN MINYAK INTERNASIONAL DALAM PENGATURAN MINYAK INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
65b6de4402667f925897f6b7394642ea.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
c58638547588bc9d12261148ea3abbd0.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Archive (BAB II)
49cbd88569cf7b1671806983118aea04.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

Minyak merupakan komoditas yang paling banyak diperdagangkan secara internasional karena kegunaannya sebagai sumber energi. Kendati demikian, terdapat ketidakjelasan pengaturan perdagangan minyak dalam kerangka WTO. Selain itu ketersediaan minyak yang menipis serta isu lingkungan semakin meningkatkan urgensi pengaturan perdagangan minyak yang lebih rinci. Untuk itu beberapa organisasi internasional seperti IEA, OPEC dan ASEAN memprakarsai beberapa pengaturan di bidang minyak. Pengaturan tersebut memuat prinsip-prinsip hukum perdagangan internasional. Sebagai subjek dalam perdagangan minyak internasional, peserta dari OPEC dan APSA serta observer dari ECT dan IEA, Indonesia memiliki kewajiban untuk menyesuaikan pengaturan nasionalnya dengan ketentuan dalam perjanjian internasional tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dan pendekatan perundang-undangan dan analisis-konseptual hukum, penulis melalui skripsi ini akan membahas dua permasalahan hukum utama yakni: prinsip-prisnsip hukum perdagangan minyak internasional dan penjabarannya dalam pengaturan minyak Indonesia. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut: 1) Terdapat beberapa prinsip-prinsip hukum perdagangan minyak internasional dalam ECT dan Protocol on Energy Efficiency and Related Environmental Aspects; IEP Agreement; OPEC Statute dan APSA. Jika keempat pengaturan tersebut dibandingkan terdapat perbedaan dan persamaan dari keanggotaan, kekuatan mengikat serta prinsip dasar pengaturannya. dan 2) Prinsip-prinsip hukum dalam keempat pengaturan tersebut dijabarkan dalam hukum Indonesia yang tersebar dalam beberapa peraturan perundang-undangan antara lain: UU Migas, UU PM dan UU Energi. Akan tetapi terdapat pula beberapa ketentuan dalam undang-undang tersebut yang justru bertentangan dengan ketentuan dalam keempat perjanjian internasional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: perdagangan minyak internasional, pengaturan minyak Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item