UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) terhadap Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Wilayah Kerja UPT Kesmas Payangan

I Gst. Bgs. Pt. Suwarjana K., I Gst. Bgs. Pt. Suwarjana K. (2016) Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) terhadap Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Wilayah Kerja UPT Kesmas Payangan. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9edc3de40e2ce78e75aed8c3cefc8fde.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Archive (BAB I)
1aeb4066d40677d91d2d4f8d618e1e12.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Archive (BAB II)
cd71edf41b3996298dc6d83f30b31f94.pdf - Published Version

Download (325kB)

Abstract

Berdasarkan data tahunan UPT Kesmas Payangan bulan Januari-November 2015 jumlah wanita usia subur (WUS) yang melakukan pemeriksaan IVA sebanyak 5,6%. Angka ini sangat rendah apabila dibandingkan dengan target pencapaian yang ditetapkan sebesar 80%. Belum terdapat data yang cukup mengenai gambaran WUS yang melakukan pemeriksaan IVA sehingga upaya peningkatan pencapaian target pemeriksaan IVA menjadi kurang maksimal. Penulis merasa perlu untuk melakukan studi deskriptif mengenai gambaran tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku WUS terhadap pemeriksaan IVA di wilayah kerja UPT Kesmas Payangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku WUS di wilayah kerjaUPT Kesmas Payangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja UPT Kesmas Payangan pada bulan Desember 2015 sampai Januari 2016. Populasi dari penelitian ini adalah semua wanita usia subur yang berada di wilayah kerja UPT Kesmas Payangan. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner pada wanita usia subur di wilayah kerja UPT Kesmas Payangan. Dari 82 sampel yang pernah mendengar tentang IVA didapatkan bahwa tingkat pengetahuan WUS terhadap pemeriksaan IVA di UPT Kesmas Payangan lebih dari lima puluh persen (53,7%) adalah kategori baik. Tingkat pengetahuan WUS dengan kategori kurang terbanyak didapatkan pada kelompok usia 26-35 tahun (66,7%), pada kelompok WUS yang tidak bekerja (52,9%) serta pada kelompok tingkat pendidikan rendah (64,3%). Sikap WUS terhadap pemeriksaan IVA sebagian besar (86,6%) adalah kategori baik. Perilaku WUS terhadap pemeriksaan IVA lebih dari lima puluh persen (85,6%) adalah kategori kurang. Hampir sebagian besar responden sudah pernah mendengar tentang pemeriksaan IVA. Gambaran tingkat pengetahuan WUS terhadap IVA antara yang berpengetahuan baik dan kurang hampir sama. Sikap WUS terhadap IVA sebagian besar baik tetapi perilaku WUS lebih banyak kategori kurang terhadap pemeriksaan IVA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IVA, skrining, tingkat pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item